Minggu, 08 Juni 2014

Tips Membersihkan Panci yang Gosong






Saat-saat memasak merupakan saat yang menyenangkan. Namun, apa jadinya jika Anda lupa mematikan kompor saat sedang memasak sehingga panci Anda gosong? Keadaan tersebut tentu membuat Anda pusing karena sulit membersihkan panci tersebut. Kini, Anda tak perlu khawatir karena perempuan.com memiliki beberapa tips membersihkan panci yang gosong.

Merendam dengan Air Panas
Merendam dengan air panas dapat membuat kerak yang ada dalam panci menjadi lebih lunak. Diamkan sejenak, lalu bersihkan panci seperti biasanya, yaitu menggunakan sabun pencuci piring. Kerak gosong yang membandel akan larut dalam air panas.

Menggunakan Larutan Soda
Baking soda merupakan media pembersih yang paling ampuh. Memiliki bau netral, merendam panci dengan larutan soda dapat menjadi pilihan untuk menghilangkan kerak. Diamkan panci dengan larutan soda semalaman, kemudian air rendaman dimasak. Cuci panci dengan sabun pencuci piring biasa. Kerak akan menghilang dari panci.

Irisan Bawang
Menggunakan irisan bawang dapat menjadi trik yang ampuh untuk mengembalikan panci kembali bersih dan bebas kerak. Bawang yang telah diiris dapat dimasukkan ke dalam panci bersama air mendidih. Diamkan lima menit kemudian dibersihkan dengan pencuci piring.

Memakai Cuka
Manfaat cuka hampir mirip dengan manfaat larutan soda, yaitu sebagai bahan pembersih dan penyerap bau yang ampuh. Semprotkan cuka pada bagian bawah panci yang gosong, kemudian didiamkan 10 menit. Pada umumnya, cuka diletakkan di bagian bawah panci yang gosong.

Gosok dengan Mengunakan Bagian Kasar Spons
Saat membersihkan panci baik dengan bahan kimia (soda/cuka), bawang, maupun air panas, Anda dapat menggunakan bagian kasar spons atau bagian sabut kelapa. Hal ini perlu dilakukan untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang menempel serta partikel-partikel gosong.

Kini, memiliki panci gosong tak jadi masalah. Anda dapat membersihkannya dengan mudah. Selamat mengikuti tips ini ya ! (ty/jun)
(Perempuan.com)

0 komentar:

Posting Komentar