Selamat Datang di Blog LapakBunda

Dapatkan beragam berita dan artikel yang bermanfaat untuk Bunda dan keluarga

Rabu, 21 Januari 2015

Kebiasaan Gigit Kuku Dapat Menurunkan IQ Anak?


Anak yang mempunyai kebiasaan menggigit kuku biasanya didasari oleh ekspresi yang ingin diwujudkannya, salah satu emosi yang sering kali ditunjukan ketika anak menggigit kuku adalah rasa ingin tahu, bosan, menghilangkan stres bahkan situasi yang membuatnya gugup. Beberapa orang tua membiarkan kebiasaan ini pada anak-anaknya, hal dianggap merupakan respon alami dari tubuh anaknya terhadap situasi tertentu. Dalam semua kemungkinan, anak anda akhirnya akan berhenti sendiri, tetapi apabila kebiasaan ini lebih sering dilakukan oleh anak ketika menonton tv atau disela-sela kegiatannya, sebaiknya anda dapat melakukan pencegahan.

Lembaga Kesehatan Amerika menyatakan bahwa kebiasaan menggigit kuku sebagai ciri-ciri gangguan obsesif kompulsif atau (OCD), yang berhubungan dengan rasa cemas yang dihadapi seseorang sehingga menyebabkan melakukan kebiasaan yang berulang-ulang dalam meredam kecemasan yang dialaminya. Bahkan, anda perlu mengkhawatirkan kebiasaan anak anda yang menggigit kuku apalagi bila kulit jarinya hingga terkelupas dan berdarah, salah satunya dikhawatirkan anak anda mengalami kecemasan berlebih sehingga membutuhkan dokter anak atau psikolog dalam penanganannya. Dalam beberapa kasus yang lebih parah, anak-anak tidak saja menggigit kukunya untuk menghindari kecemasan akan tetapi pensil, pulpen dan lain lainnya.

Salah satu penelitian yang pernah dilakukan di Rusia mengatakan bahwa kebiasaan menggigit kuku dapat mengganggu intelegensi anak. Anak-anak akan beresiko besar mengalami keracunan, salah satunya adalah keracunan timah yang sering kali menumpuk pada kuku ketika anak-anak bermain di dalam rumah ataupun diluar rumah. Paparan dari timah akan masuk ke dalam tubuh sehingga mempengaruhi perkembangan anak-anak, hal yang dikhawatirkan apabila kebiasaan ini berlanjut adalah terjadinya kerusakan sistem saraf. Selain itu kebiasaan menggigit kuku yang menyebabkan kutikula mengelupas akan menyebabkan infeksi luka dan kuku sehingga membuat kuku tidak sehat.

Penting sekiranya peranan orang tua dalam membantu anak dalam mengatasi kebiasaan anak menggigit kuku, sehingga meminimalisir paparan timah di dalam tubuh. Hal yang harus anda ketahui bahwa tinggi rendahnya timah di dalam tubuh akan tergantung pada lingkungan. Apabila rumah anda berada di pinggir jalan yang berdebu maka akan meningkatkan resiko timah mengendap di dalam kuku, tidak saja itu zat yang berada di dalam beberapa mainan seperti cat harus anda perhatikan agar memperkecil resiko paparan timah ke dalam tubuh anak anda. Terpenting adalah membiasakan untuk mencuci tangan setelah bermain.

Selain dapat mempengaruhi intelegensi karena adanya beberapa zat menempel di kuku, kebiasaaan menggigit kuku akan berkontribusi mengakibatan infeksi pada kulit, memperburuk kondisi kuku, kemudian meningkatkan resiko flu dan juga infeksi lainnya yang disebabkan oleh kuman dari kuku yang masuk ke dalam mulut. Dengan demikian, sebagai orang tua sebaiknya senantiasa membiasakan kebiasaan baik dan mengurangi kebiasaan buruk anak dari sejak dini. Hal ini berhubungan dengan pengaruh dari kebiasaan yang diterapkan sejak kecil terhadap kondisi kesehatan anak di masa yang akan datang. Kenali pula apa penyebab anak anda memiliki kebiasaan buruk untuk menggigit kuku, salah satunya dikhawatirkan akan menjadi kebiasaan dalam mengekspresikan kecemasaan jiwa anak, kemudian yang paling penting adalah menjaga kebersihan dan kesehatan kuku. Biasakan untuk rutin memotong kuku anak anda dan mencuci tangan setelah melakukan kegiatan sebelum mengambil makanan untuk mencegah kuman dan zat berbahaya masuk ke dalam tubuh.

Sumber : Kebiasaan Gigit Kuku Dapat Menurunkan IQ Anak? - Bidanku.com http://bidanku.com/kebiasaan-gigit-kuku-dapat-menurunkan-iq-anak#ixzz3PK6Q5ip4

Gambar : www.houseoflingzhi. com

Seri Terbaru MOKAMULA

MOkamula Edisi Januari 2015
Mokamula emang ngga pernah berhenti bikin kreasi desain , lihat deh tiap bulan ada aja motif terbaru, bordirannya cantik-cantik.

Nah, kamu sudah punya belum mokamula yang terbaru?
Kalo belum yuk pesan sekarang

SMS / WHATSAPP 0812 8009 5004
BBM 7ed224F3
IG : @lapakbundaku
LINE : lapakbunda.com

Ini dia gambar produknya, konfirmasi dulu sebelum pesan yaa

mokamula Ferari Rosales

mokamula Jade Batrix

mokamula Jade Rau

mokamula Tan Arrewhana

mokamula Navy Valerie

mokamula Maroon Limau
mokamula Tan Bambus

Teh Hijau, Minuman Kaya Antioksidan yang Bantu Cegah Kepikunan



Manfaat teh hijau untuk memelihara kesehatan dan kecantikan kulit sudah tidak diragukan lagi. Kini bertambah satu lagi khasiat minuman yang kaya antioksidan ini. Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa teh hijau juga baik untuk daya ingat.

Para peneliti di University of Basel, Jerman mengklaim, teh hijau bisa meningkatkan beberapa fungsi kognitif pada manusia termasuk salah satunya memori di otak. Bahkan penemuan ini juga menyebutkan kalau teh hijau mungkin saja bisa digunakan sebagai bagian dari perawatan demensia dan gangguan kejiwaan.

Ekstrak teh hijau ini bisa meningkatkan efektivitas daya ingat pada manusia. Para peneliti melihat ada peningkatan memori yang cukup signifikan setelah responden mengonsumsi teh hijau. Penemuan ini menjelaskan bahwa teh hijau bisa dimanfaatkan untuk membantu mengobati kehilangan ingatan yang disebabkan oleh gangguan kejiwaan atau trauma.

Dalam penelitian, partisipan diberikan minuman dengan ekstrak teh hijau sebelum mereka diminta mengerjakan tugas yang mengetes kemampuan daya ingat. Aktivitas otak mereka kemudian dimonitor menggunakan mesin scan MRI, sehingga peneliti bisa melihat peningkatan konektivitas antara bagian-bagian otak.

Hasil penelitian yang telah dipublikasikan dalam jurnal Psychopharmacology ini menunjukkan, teh hijau bisa meningkatkan memori jangka pendek pada otak. Selain meningkatkan kemampuan otak, masih ada banyak lagi khasiat teh yang kaya akan antioksidan flavonoid ini. Berikut ini sejumlah manfaat teh hijau untuk kesehatan, yang dirangkum Wolipop dari berbagai sumber:


1. Pembangkit Energi Setelah Olahraga
Teh hijau juga minuman yang mengandung kafein, tapi dalam jumlah kecil; tak sebanyak minuman energi atau kopi. Kafein di dalam teh hijau bisa memberi tambahan tenaga saat dibutuhkan. Selain itu teh hijau juga lebih sehat karena tidak banyak mengalami proses pengolahan. Minuman yang bisa disajikan hangat maupun dingin ini juga merupakan sumber antioksidan alami yang bantu mencegah kanker, penyakit jantung dan syaraf.


2. Mempercantik Kulit
Teh hijau memiliki anti inflamasi dan anti penuaan karena tinggi kandungan antioksidan yang dinamakan catechin. Berbagai macam studi juga menunjukan bahwa teh hijau baik untuk dikonsumsi ataupun dipakai sebagai penggunaan luar untuk melindungi kulit dari efek terbakar sinar matahari dan kanker kulit yang disebabkan oleh efek buruk sinar matahari. Sejumlah penelitian juga mengungkapkan, mengonsumsi segelas teh hijau dua kali sehari secara rutin selama enam bulan, dapat menjauhkan kita dari kerusakan kulit akibat radikal bebas atau ruam pada kulit.


3. Membantu Bakar Lemak Tubuh
Kandungan kafein dan antioksidan yang dinamakan catechin, dipercaya bisa menstimulasi sistem syaraf dan meningkatkan pembakaran lemak. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa meminum teh hijau secangkir sehari bisa membantu Anda menurunkan beberapa kilogram berat tubuh dan merampingkan pinggang.


Meskipun menyehatkan, bukan berarti Anda bebas mengonsumsinya sebanyak yang diinginkan. Sebab segala sesuatu yang sehat dan berguna akan menjadi tidak baik apabila dikonsumsi berlebihan. Pakar gizi Emilia E. Achmadi, MS. RD. menyarankan untuk meminum teh, apapun jenisnya tak lebih dari tiga cangkir atau sekitar 500 ml sehari untuk menjaga kesehatan.


Artikel : wolipop.detik. com
Gambar : www.myhealthyeatingfacts. com

Minggu, 28 Desember 2014

Tidak Disiplin dalam Berlalu Lintas

 
 
Kendaraan bermotor adalah sebuah teknologi. Untuk mengemudikan kendaraan bermotor di dalam populasi yang padat namun masih tetap nyaman dibutuhkan budaya berlalu lintas. Teknologi dapat dibeli, tetapi budaya harus dipelajari.
 
Lalu lintas yang semrawut selalu terjadi di Jakarta. Setiap pagi sewaktu berangkat kerja atau mengantarkan anak ke sekolah selalu harus 'berjuang keras' di lahan yang terbatas, seperti perjuangan antara hidup dan mati. Kendaraan yang berhenti sejenak di depan selalu diklakson dengan keras-keras, bahkan kadang-kadang dicaci-maki seolah-olah kendaraan tersebut akan berhenti di sana selamanya dan Anda terperangkap di belakangnya. Jalan dengan tiga jalur yang disediakan diisi dengan enam kendaraan berjejer, belum lagi ada sepeda motor yang menyelinap di antaranya. Perjalanan yang seharusnya dapat ditempuh 20 menit waktu pukul 4.00 pagi, bisa menjadi 2-3 jam waktu pukul 7-9 pagi. Tentu saja membuat orang stres dan marah-marah.
 
Disiplin dalam berlalu lintas adalah suatu budaya. Memiliki kendaraan adalah membeli teknologi. Karena ekonomi, maka seseorang dapat membeli teknologi, tetapi tidak mungkin membeli atau memiliki budaya berlalu lintas sekaligus.
Di Amerika, orang memiliki disiplin berlalu lintas, karena mobil dan segala perangkat yang menyertainya, seperti lampu lalu lintas, berkembang dari sini. Mereka memulainya dari kereta kuda, kemudian digantikan dengan mobil. Perkembangannya membutuhkan waktu lebih dari seratus tahun. Bersama dengan perkembangan kendaraan, maka tumbuhlah budaya berlalu lintas. Oleh karena itu, disiplin berlalulintas di sini tetap dipatuhi, walaupun di kota-kota besar terjadi kemacetan, dan ada orang-orang yang stres sehingga membunyikan klakson, tetapi mereka tidak pernah menyerobot ke kiri dan kanan seperti kebanyakan pengemudi di Jakarta.

Di Jakarta, tempo doeloe juga orang naik kereta kuda dan sepeda dan becak. Dari sini kemudian muncul satu dua mobil yang hanya sanggup dibeli oleh orang kaya atau pembesar. Namun pertumbuhan kendaraan bermotor terjadi dengan cepat ketika ekonomi makin membaik, terutama ketika kendaraan tersebut berubah menjadi sumber mata pencaharian. Angkutan kota atau sering disebut angkot sebenarnya mengambil budaya pedagang asongan di jalan raya. Yang ditawarkan adalah layanan angkutan. Perhatikan bagaimana supir-supir angkot tersebut menjajakan jasa angkutannya, setiap ada calon penumpang, langsung saja banting setir ke kiri dan berhenti, sehingga orang dibelakangnya kewalahan mengerem takut menabraknya.

Kalau mereka mengetem menunggu penumpang juga mengambil sikap sebagai pedagang asongan. Mereka berhenti berjajar-jajar tak teratur memenuhi jalanan dan mengambil badan jalan sehingga jalan yang sempit dan penuh lubang makin sempit dan makin macet. Itu adalah salah satu kesalahannya. Memegang kemudi mobil, menjual jasa angkutan, tetapi mengambil budaya pedagang asongan.

Bandingkan dengan pedagang asongan yang jalan di depan rumah kita, seperti nasgor atau migor, atau bakmi tek-tek, mereka akan jalan pelan-pelan sambil mata dan telinganya melihat ke kiri dan kanan, begitu ada yang memanggil, langsung saja berbelok ke situ dan berhenti.
Pemilik dan supir mobil pribadi juga tidak pernah tumbuh dari budaya disiplin berlalulintas dengan mobil. Ada sementara yang belajar dari supir angkot, atau supir taksi. Di samping itu pemerintah, terutama Departemen Pendidikan tidak terlalu serius dalam menerapkan budaya berlalu lintas. Ingatlah suatu budaya adalah pengetahuan yang dipelajari yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya, demikian definisi yang diajarkan dalam buku sosiologi. Jadi, kalau sekolah yang seharusnya mendidik anak-anak murid tanpa pernah menurunkan budaya berlalu lintas yang benar, maka budaya berlalu lintas tentu tidak akan pernah ada, sekalipun seseorang itu sanggup membeli kendaraan yang paling mahal, seperti Lamborghini, Ferrari, Maybach dan lain-lain. Teknologi dapat dibeli, kebudayaan harus dipelajari.

Contoh lain adalah seorang pemenang undian $1,000,000,000 tidak serta merta dapat membaur dengan orang-orang kaya. Orang itu baru dapat diterima di kalangan orang kaya bila dia rajin mempelajari budaya orang kaya, misalnya tata krama di meja makan. Orang yang menang undian tersebut mungkin biasa makan di warung Padang di kaki lima. Bila makan, dia nangkring di atas bangku yang disediakan di situ dan itu wajar, tetapi, karena sekarang dia adalah orang kaya mendadak, kebiasaan tersebut harus ditinggalkan, kalau dia ingin diterima di antara orang kaya.
Sudah sekolah tidak pernah menurunkan budaya berlalu lintas yang sopan, kepolisian juga tidak mewajibkan calon pengemudi mengambil kursus mengemudi mobil yang berbudaya berlalu lintas yang sopan. Kursus mobil di Jakarta hanyalah mengajarkan calon pengemudi untuk piawai dalam mengendalikan kendaraannya. Kepolisian hanyalah sebuah badan yang menerbitkan lisensi mengemudikan kendaraan bermotor. Jadi, apalagi yang diharapkan dari masyarakat seperti itu dalam hal berlalu lintas?

Tidak ada solusi yang sederhana, tetapi sekadar saran. Karena berlalu lintas secara sopan adalah suatu budaya, maka setiap individu yang mengemudikan kendaraan bermotor wajib belajar berlalu lintas secara sopan. Mempelajari budaya tersebut harus dimulai dari dini dan yang paling tepat adalah dari sekolah. Pihak kepolisian dan pemerintah wajib memiliki kemauan politik untuk menerapkan tata krama berlalu lintas sopan itu tadi. Pekerjaan rumah masih banyak dan banyak bidang yang harus diberesi, sekarang terserah kepada semua individu yang terlibat.

 Sumber: http://keluarga.com/pertumbuhan/tidak-disiplin-dalam-berlalu-lintas, gambar : thestar.com

Sabtu, 27 Desember 2014

Waktu dan Cara Membaginya



"Mama, kapan kita mau berenang?" rengek seorang anak yang sudah bosan di rumah karena sekolah libur panjang. "Nanti saja, sayang, kalau Papa libur," jawab ibunya yang sedang sibuk memasak. "Yah, tunggu Papa, sama juga tidak jadi pergi, Papa kan selalu lembur," sahut anak itu dengan kesal. Waktu, 24 jam sehari, 8760 jam setahun, tetapi kita selalu mengeluh "Tidak punya waktu." Ke mana larinya sang waktu? Kita harus mengatur waktu kita dengan bijaksana karena sekali berlalu, waktu tidak akan pernah kembali lagi. Apa yang harus kita lakukan? Di bawah ini ada beberapa saran untuk mengatur dan mengendalikan waktu Anda.

  • Prioritas

    Apa pun yang terjadi, tanpa prioritas kehidupan kita akan kalang kabut. Apa yang penting dalam hidup Anda, itulah yang harus Anda utamakan. Kita tidak mungkin memiliki waktu untuk segala hal, karena itu dahulukanlah hal-hal yang utama. Kalau perlu buatlah daftar prioritas Anda, hal ini akan membantu meluruskan benang kusut di benak Anda yang terbentuk karena bingung memilih mana dulu yang harus dikerjakan. Tidak peduli apakah Anda masih lajang, seorang pelajar atau sudah berumah tangga dan mempunyai anak. Anda harus mengatur prioritas dan membagi waktu sesuai dengan kepentingan Anda.
     
  • Batas

    Segala sesuatu ada batasnya. Seperti pantai yang membatasi laut dan tebing yang membatasi sungai, bila Anda tidak menentukan batas-batasnya, hidup Anda akan berantakan dibanjiri masalah. Misalnya Anda suka nonton teve, begitu banyak acara yang Anda sukai, tetapi kalau Anda menonton semua itu, Anda tidak akan punya waktu untuk hal-hal lain. Makan malam akan terbengkelai, suami pulang kerja cape-cape tidak ada makanan tersedia di meja. Anak-anak masih bermain dengan baju sekolah yang kotor padahal hari sudah menjelang malam. Karena itu batasilah waktu Anda menonton teve, mungkin satu jam dalam sehari. Ketika anak-anak pergi sekolah dan suami berangkat kerja, Anda dapat mengerjakan tugas-tugas rumah tangga seperti mencuci dan menyetrika baju, membersihkan rumah, memasak dan lain-lain. Menjelang mereka pulang luangkanlah waktu untuk menikmati acara teve kegemaran Anda. Dengan demikian Anda dapat menyambut mereka dengan perasaan yang senang, bebas dari kelelahan karena Anda sempat bersantai.
  • Buatlah daftar

    Ini penting untuk menjadwalkan apa saja yang harus Anda kerjakan hari itu di samping mengatur tugas untuk seminggu. Misalnya Anda berbelanja kebutuhan rumah tangga di hari Senin, membersihkan rumah di hari Selasa, membereskan kebun di hari Rabu, mencuci di hari Kamis, menyetrika di hari Jumat, dan menikmati hari Sabtu dan Minggu bersama keluarga. Catatlah hal-hal yang perlu Anda kerjakan hari itu. Misalnya pagi hari ke pasar membeli sayur, mampir ke kantor pos atau ke bank untuk membayar tagihan, sampai di rumah mencuci baju, memasak dan menonton teve.
  • Libatkan keluarga

    Di petang hari kerjakan hal-hal bersama keluarga. Ajarkan anak-anak mencuci piring mereka sendiri sesudah makan. Mintalah bantuan pasangan Anda untuk memandikan anak-anak yang masih kecil atau memasukkan sisa makanan ke kulkas.
  • Tambahkan 10 menit

    Pada saat Anda mempunyai janji ke dokter atau pergi ke bandara tambahkan 10 menit dari jam di mana Anda harus berangkat. Misalnya pesawat Anda terbang jam 4 sore dan Anda harus ada di bandara satu jam sebelumnya sedangkan perjalanan dari rumah ke bandara memerlukan waktu satu jam. Katakan kepada diri Anda bahwa Anda harus siap jam 1:50. Anda mempunyai waktu 10 menit untuk memeriksa secara mental segala sesuatu yang Anda perlu bawa seperti paspor, obat-obatan dan hal-hal penting lainnya.
Sumber: http://keluarga.com/pertumbuhan/waktu-dan-cara-membaginya

Jumat, 26 Desember 2014

Liburan di Rumah dan Tetap Menyenangkan? Bisa!

Dalam masyarakat sekarang terbentuk pemikiran bahwa liburan yang menyenangkan selalu berarti pergi ke suatu tempat, dan biasanya keluar kota. Padahal, dengan sedikit upaya dan kreativitas, liburan di rumah pun bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan.
 
Semakin berkembangnya kehidupan, yang mengarahkan manusia ke dalam pemikiran untuk membuat semua hal menjadi praktis, di masyarakat sekarang terbentuk pemikiran bahwa liburan yang menyenangkan selalu berarti pergi ke suatu tempat, dan biasanya ke luar kota. Dan ketika mereka tidak melakukan hal itu, alias menghabiskan liburan di rumah, mereka akan mengatakan bahwa liburan mereka biasa saja karena hanya dihabiskan di rumah. Masyarakat sekarang menganggap bahwa sedikit upaya dan kreativitas untuk menyiapkan liburan yang menyenangkan di rumah terlalu merepotkan. Mereka lebih memilih jalan yang lebih praktis, mengunjungi tempat-tempat wisata. Padahal liburan di rumah juga bisa menjadi liburan yang menyenangkan dan berkesan bagi semua anggota keluarga.
 
Hal yang perlu dipertimbangkan dalam mempersiapkan liburan di rumah adalah memilih kegiatan yang bisa melibatkan setiap anggota keluarga. Pertimbangkan umur anak-anak Anda dan hobi mereka. Jangan sampai ada anggota keluarga yang tidak menikmati kebersamaan itu. Kegiatan yang Anda rencanakanpun tidak perlu kegiatan yang ribet dan heboh, cukuplah kegiatan yang sederhana tetapi bisa dinikmati oleh semua anggota keluarga. Lebih fokuslah pada bagaimana menyatukan semua anggota keluarga dengan kegiatan itu. Di bawah ini ada beberapa ide kegiatan yang mungkin bisa Anda lakukan bersama keluarga untuk mengisi liburan di rumah.
 
  1. Jika keluarga Anda termasuk keluarga yang menyukai seni, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk melakukan proyek seni bersama. Tidak perlu sesuatu yang besar. Bisa saja hanya melukis bersama. Tapi alih-alih melukis di atas kanvas atau kertas, mengapa tidak membuat yang sedikit berbeda. Anda bisa merentangkan kain putih besar di halaman belakang rumah Anda, atau di garasi, atau di mana saja Anda anggap memungkinkan, kemudian, siapkan plastik bening ukuran setengah kiloan, lalu isi dengan air yang sudah Anda campur dengan cat warna warni, gelembungkan. Jangan lupa untuk mengalasi lantai atau kebun Anda dengan palstik, agar tidak kotor karena cat. Anda dan anak-anak Anda bisa memakai jas hujan plasti tipis untuk melindungi pakaian dan tubuh. Setelah semua persiapan selesai, saatnya untuk bersenang-senang. Cara melukisnya adalah dengan melemparkan “bola-bola” plastik berisi cat, ke arah kain putih. Janganlah fokus pada hasilnya. Mungkin hasil lukisannya nanti akan sangat abstrak, tapi siapa yang peduli, yang utama adalah Anda serta anak-anak Anda bersenang-senang.
  2. Lakukan proyek pelayanan. Jika di lingkungan Anda terdapat panti asuhan atau panti jompo, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk melakukan proyek pelayanan. Untuk proyek panti asuhan, Anda bisa meminta anak-anak Anda untuk menyumbangkan barang-barang mereka, seperti pakaian, buku-buku, mainan. Anda mungkin juga bisa mempertimbangkan untuk membuat kue kering atau cup cake bersama keluarga, untuk dibagikan dalam proyek itu. Jika ternyata panti asuhan atau panti jompo jauh dari tempat tinggal Anda mungkin Anda bisa menggantinya dengan mengunjungi tetangga Anda yang sudah lanjut usia. Pastikan bahwa tetangga yang Anda rencanakan untuk kunjungi tidak keberatan untuk menerima kunjungan Anda dan keluarga.
  3. Membuat kerajian bersama juga bisa menjadi alternatif untuk mengisi liburan. Anda bisa mencari ide kerajian yang akan dibuat di internet. Itu tidaklah perlu sesuatu yang heboh. Bisa saja sesuatu yang sederhana. Dan dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang ada.

  4. Liburan di rumah juga bisa diisi dengan menata ulang interior rumah. Termasuk mengganti warna cat dinding. Jika anak-anak Anda sudah remaja, Anda bisa memberi mereka kebebasan untuk mendekorasi kamar mereka sendiri. Akan tetapi, jangan lupa untuk mengingatkan mereka untuk tidak memasukan hal-hal yang bermakna kekasaran dan tidak senonoh.

  5. Liburan di rumah juga bisa menjadi saat yang baik untuk menyusun kenangan. Anda bersama keluarga bisa menata foto-foto keluarga, dan membuat 'scrapbook.' Bisa juga Anda menata ulang letak figura –figura foto yang sudah ada.

  6. Jika keluarga Anda termasuk yang menyukai berkebun, hal itu bisa menjadi proyek liburan yang menarik. Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk mempelajari hal-hal baru tentang berkebun, seperti mencoba berkebun dengan sistem hidroponik misalnya.
Masih banyak hal dan ide lain yang bisa Anda coba lakukan untuk membuat liburan di rumah Anda menyenangkan. Yang perlu diingat adalah bagaimana membuat semua anggota keluarga menikmati apa pun kegiatan yang Anda rencanakan. Jangan pikirkan hasil akhirnya. Kebersamaan dan kegembiraan bagi keluarga Andalah tujuan utama dari kegiatan-kegiatan itu. Selamat mencoba. (sumber : http://keluarga.com/keluarga/liburan-di-rumah-dan-tetap-menyenangkan-bisa)

Jumat, 21 November 2014

Tips Membersihkan Dompet HPO bahan suede

Bila Anda perlu membersihkan Dompet HPO berbahan suede, membersihkan noda yang ada dengan air mungkin tampak mudah. Namun, hal ini hanya akan membuat Dompet HPO bahan suede menjadi terlihat tua dan pudar warnanya. Bukannya air tidak boleh digunakan untuk membersihkan Dompet HPO bahan suede, hanya saja Anda perlu tahu cara paling tepat membersihkan Dompet HPO berbahan suede menggunakan cairan. Selain itu, sikat khusus untuk bahan suede yang berkualitas baik menjadi peralatan dasar untuk semua pencinta bahan suede. Berikut ini cara terbaik menggunakan pembersih bahan suede tanpa merusak bahan suede itu sendiri.

Gunakan sikat khusus bahan suede untuk menghilangkan kotoran dari Dompet HPO Anda. Hal ini akan membantu kinerja produk pembersih bahan suede. Gerakkan sikat searah serat bahan suede, bukan menabrak serat.

Kalau Dompet HPO Anda agak lecet atau tergores pada bagian tepinya, gunakan sikat khusus bahan suede dan sikat bagian yang tergores tersebut dengan gerakan bolak-balik maju mundur. Usahakan menyikat bagian yang tergores saja.

Noda membandel memang perlu dibersihkan dengan air. Membersihkan dengan air akan membuat warna bahan suede sedikit berubah. Oleh karena itu, agar perbedaan warna yang ditimbulkan tidak terlalu terlihat, bersihkan seluruh bagian bot berbahan suede, bukan hanya bagian yang kotor.

Gunakan sikat khusus bahan suede untuk mengoleskan sedikit air pada seluruh permukaan Dompet HPO dan gosok hanya bagian yang bernoda, lalu angin-anginkan Dompet HPO agar kering secara alami.

Kalau Dompet HPO terkena noda bekas air, gunakan sedikit cuka putih untuk membersihkan bahan suede. Bau cuka mungkin akan tercium selama beberapa saat, tetapi akan perlahan-lahan menghilang.

Tips Membersihkan Dompet HPO bahan suede

Cara Membersihkan Dompet HPO Berbahan Suede

Dompet HPO Mokamula
Dompet Mokamula berbahan suede
Bila Anda perlu membersihkan Dompet HPO berbahan suede, membersihkan noda yang ada dengan air mungkin tampak mudah. Namun, hal ini hanya akan membuat Dompet HPO bahan suede menjadi terlihat tua dan pudar warnanya. Bukannya air tidak boleh digunakan untuk membersihkan Dompet HPO bahan suede, hanya saja Anda perlu tahu cara paling tepat membersihkan Dompet HPO berbahan suede menggunakan cairan. Selain itu, sikat khusus untuk bahan suede yang berkualitas baik menjadi peralatan dasar untuk semua pencinta bahan suede. Berikut ini cara terbaik menggunakan pembersih bahan suede tanpa merusak bahan suede itu sendiri.
  • Gunakan sikat khusus bahan suede untuk menghilangkan kotoran dari Dompet HPO  Anda. Hal ini akan membantu kinerja produk pembersih bahan suede. Gerakkan sikat searah serat bahan suede, bukan menabrak serat.
  • Kalau Dompet HPO Anda agak lecet atau tergores pada bagian tepinya, gunakan sikat khusus bahan suede dan sikat bagian yang tergores tersebut dengan gerakan bolak-balik maju mundur. Usahakan menyikat bagian yang tergores saja.
  • Noda membandel memang perlu dibersihkan dengan air. Membersihkan dengan air akan membuat warna bahan suede sedikit berubah. Oleh karena itu, agar perbedaan warna yang ditimbulkan tidak terlalu terlihat, bersihkan seluruh bagian bot berbahan suede, bukan hanya bagian yang kotor.
  • Gunakan sikat khusus bahan suede untuk mengoleskan sedikit air pada seluruh permukaan Dompet HPO  dan gosok hanya bagian yang bernoda, lalu angin-anginkan Dompet HPO agar kering secara alami.
  • Kalau Dompet HPO terkena noda bekas air, gunakan sedikit cuka putih untuk membersihkan bahan suede. Bau cuka mungkin akan tercium selama beberapa saat, tetapi akan perlahan-lahan menghilang.

Selasa, 12 Agustus 2014

Atasi Kebiasaan Susah Tidur

 

Apakah susah tidur menjadi problem bagi Anda belakangan ini? Jika, ya, jangan dibiarkan, ya, Ma. Sebab, hal ini dapat mengganggu metabolisme tubuh, membuat tubuh mudah lelah dan sakit, serta menurunkan kemampuan konsentrasi. Nah, Anda dapat mencoba beberapa tips di bawah ini untuk membantu Anda tidur nyenyak dan bangun dengan tubuh yang segar.

 

 1.    Tentukan berapa lama waktu tidur Anda. Idealnya, minimal Anda tidur 8 jam. Tetapi, Anda bisa menentukan sendiri berapa lama Anda tidur (tentunya tidak terlalu sedikit, ya). “Sebelum menikmati kopi di pagi hari, coba resapi apa yang Anda rasakan 20 menit setelah bangun tidur,” kata Dr. Meir Kryger, M.D., penulis Guide to Sleep. Jika Anda merasa tidak nyaman, berarti tidur Anda tidak tercukupi, sehingga Anda harus tidur lebih awal malam ini.

2.    Buatlah diri sendiri nyaman. Sudah pukul 10 malam Anda masih merasa segar? Jangan tergoda untuk menonton TV atau menyalakan DVD player. Cobalah mandi (berendam) dengan air hangat atau baca buku. Membaca buku yang seru membuat Anda makin semangat? Coba pilih textbook atau buku-buku yang tidak terlalu menarik bagi Anda.

3.    Pakai aromaterapi. Aroma lavender dipercaya membantu Anda tidur nyenyak. Oleskan lotion beraroma lavender di tubuh Anda. Atau, semprotkan pillow mist beraroma lavender di bantal Anda.

4.    Ngemil sebelum tidur. Jangan tidur dengan perut lapar. Produk susu mengandung amino acid tryptophan yang tinggi, yang bisa membantu memproduksi serotonin di otak yang memicu kantuk. Vitamin B6 di dalam karbohidrat kompleks juga memicu serotonin. Jadi, sebelum tidur, cobalah ngemil semangkuk sereal dengan susu skim.

 
(parenting.co.id)

Senin, 11 Agustus 2014

Membatasi Gadget = Pelanggaran Hak Anak?

 

Di era digital seperti sekarang ini, sudah hal yang umum bahwa anak-anak akrab bermain gadget. Bahkan beberapa anak sudah memainkan tablet sejak usia dini.

Agar anak tak kecanduan gadget, maka para orang tua menetapkan batasan dalam bermain gadget. Tetapi apakah ini berarti bentuk pelanggaran hak anak? Tentu tidak, Ma. Memberi batasan untuk bermain gadget tentu saja perlu dilakukan agar anak tak kebablasan.

Selain itu, pembatasan menggunakan gadget akan memberi kesempatan kepada anak mengembangkan aspek-aspek penting dalam hidupnya, seperti aspek sosial (berinteraksi dengan orang lain), aspek intelektual (berkaitan dengan waktu sekolah dan belajar serta kemampuan akademis), maupun aspek fisik (motorik kasar akan terlatih jika ia aktif bergerak, bukan bermain gadget).

Membatasi tak selalu berarti melanggar hak anak. Berbeda jika Anda melarangnya bermain lumpur yang ternyata justru membantunya mengembangkan motorik kasar. Coba ingat lagi, apa sebenarnya alasan Anda memberi batasan untuk anak, benarkah demi kepentingan anak atau justru untuk kepentingan Anda sendiri?

(parenting.co.id)

Minggu, 08 Juni 2014

Tips Membersihkan Panci yang Gosong






Saat-saat memasak merupakan saat yang menyenangkan. Namun, apa jadinya jika Anda lupa mematikan kompor saat sedang memasak sehingga panci Anda gosong? Keadaan tersebut tentu membuat Anda pusing karena sulit membersihkan panci tersebut. Kini, Anda tak perlu khawatir karena perempuan.com memiliki beberapa tips membersihkan panci yang gosong.

Merendam dengan Air Panas
Merendam dengan air panas dapat membuat kerak yang ada dalam panci menjadi lebih lunak. Diamkan sejenak, lalu bersihkan panci seperti biasanya, yaitu menggunakan sabun pencuci piring. Kerak gosong yang membandel akan larut dalam air panas.

Menggunakan Larutan Soda
Baking soda merupakan media pembersih yang paling ampuh. Memiliki bau netral, merendam panci dengan larutan soda dapat menjadi pilihan untuk menghilangkan kerak. Diamkan panci dengan larutan soda semalaman, kemudian air rendaman dimasak. Cuci panci dengan sabun pencuci piring biasa. Kerak akan menghilang dari panci.

Irisan Bawang
Menggunakan irisan bawang dapat menjadi trik yang ampuh untuk mengembalikan panci kembali bersih dan bebas kerak. Bawang yang telah diiris dapat dimasukkan ke dalam panci bersama air mendidih. Diamkan lima menit kemudian dibersihkan dengan pencuci piring.

Memakai Cuka
Manfaat cuka hampir mirip dengan manfaat larutan soda, yaitu sebagai bahan pembersih dan penyerap bau yang ampuh. Semprotkan cuka pada bagian bawah panci yang gosong, kemudian didiamkan 10 menit. Pada umumnya, cuka diletakkan di bagian bawah panci yang gosong.

Gosok dengan Mengunakan Bagian Kasar Spons
Saat membersihkan panci baik dengan bahan kimia (soda/cuka), bawang, maupun air panas, Anda dapat menggunakan bagian kasar spons atau bagian sabut kelapa. Hal ini perlu dilakukan untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang menempel serta partikel-partikel gosong.

Kini, memiliki panci gosong tak jadi masalah. Anda dapat membersihkannya dengan mudah. Selamat mengikuti tips ini ya ! (ty/jun)
(Perempuan.com)

Usia Terbaik Anak Mengenal Komputer




Anak mulai tertarik mengutak-atik komputer, jangan langsung dilarang, Ma. Perlu Anda tahu, ada beberapa keuntungan belajar komputer sejak dini. Apa saja?

Sulit rasanya membayangkan kehidupan masa kini tanpa komputer. Tak heran kalau orang tua merasa perlu memperkenalkan anak pada komputer sejak dini agar anak tak tertinggal pesatnya perkembangan teknologi informasi. Orang tua menyadari, tantangan masa depan pasti akan lebih dinamis dan kompetitif.

Di Singapura, misalnya, sebagian orang tua dikabarkan mengalami sindrom “kiasu”, yaitu ketakutan berlebihan anak mereka akan tertinggal dari teman-temannya bila tidak diperkenalkan pada komputer sejak dini. Para orang tua ini berambisi agar anaknya menjadi jagoan komputer.

Akhirnya, belajar komputer bagi anak menjadi suatu kewajiban. Tentu saja ini kurang tepat, karena belajar komputer seharusnya dilakukan tanpa paksaan agar menjadi pengalaman menyenangkan bagi anak. Namun yang jelas, bisa mengoperasikan komputer telah menjadi realitas penting yang tak bisa dibantah.

Kalau begitu, seberapa dini sebenarnya anak bisa mulai mengenal komputer? Menurut Catherine dan Glenn de Padua, penulis Teaching Children Computer Literacy, banyak peneliti menyarankan usia 3 - 4 tahun sebagai usia terbaik untuk memulai pelajaran komputer pada anak. Di usia ini, anak sudah menguasai keterampilan hidup dasar, seperti berjalan dan berbicara. Karena itulah ia sudah siap mengeksplorasi komputer dan melakukan aktivitas coba-coba secara langsung.

Jangan heran kalau setelah beberapa kali pelajaran saja, ia sudah mampu mengoperasikan aneka program sendiri!

Lalu, apa saja keuntungan belajar komputer sejak dini bagi anak? Ini diantaranya:

- Meningkatkan keterampilan belajar. Penelitian menunjukkan, anak yang menggunakan komputer memiliki performa akademis lebih baik.

- Menstimulasi kreativitas dan imajinasi. Pemrograman komputer, walau sederhana akan terasa menantang bagi anak. Anak belajar mengidentifikasi masalah, menganalisa pilihan, dan memilih solusi terbaik. Batasan anak dalam membuat program hanyalah imajinasinya sendiri.


- Meningkatkan perkembangan kepribadian. Program komputer memungkinkan anak melakukan kesalahan, memperbaiki, dan mencoba lagi tanpa takut dimarahi. Anak jadi terbiasa berani mengambil risiko, memiliki sifat yang lebih independen, dan lebih percaya diri.

Selain manfaat positif, tentu saja ada risiko dampak negatif komputer pada anak. Bisa jadi ia lebih senang duduk di depan komputer seharian daripada melakukan hal-hal lain. Di sinilah peran Anda untuk menyeimbangkannya dengan kegiatan lain. Jadi, anak tetap terasah kemampuannya di bidang lain, seperti keterampilan berkomunikasi dan bersosialisasi.
(parenting.co.id)


Sabtu, 07 Juni 2014

Khasiat MInyak DAri Biji-bijian







Bukan hanya minyak zaitun yang berinovasi, minyak yang terbuat dari biji-bijian pun kini mudah ditemui di pasaran. Sama seperti minyak zaitun, minyak dari biji-bijian ini  ternyata juga teman yang baik bagi kesehatan tubuh. “Pada minyak biji-bijian terkandung banyak asam lemak tidak jenuh, seperti omega 3 dan omega 6. Minyak dengan asam lemak tidak jenuh ini mudah dicerna oleh tubuh dan tidak mudah menggumpal dalam darah. Minyak biji-bijian juga mengandung vitamin E yang merupakan faktor penting untuk tetap awet muda,” jelas Dr. Ir. Nuri Andarwulan, M.Si., ahli pangan dari Fakultas Teknologi Pangan IPB, Bogor.

Minyak bekatul
Minyak bekatul dikenal juga dengan sebutan rice bran oil. Minyak ini terbuat dari ekstrak bekatul (kulit ari beras). Kaya akan vitamin E dan tidak gampang teroksidasi pada saat penggorengan karena memiliki titik asap yang tinggi, sekitar 254°C. Makin tinggi titik asap yang dapat dicapai oleh suatu jenis minyak, makin baik minyak tersebut digunakan untuk menggoreng.

Kegunaan:  Untuk menggoreng, menumis, dressing pada salad.

Minyak canola
Minyak yang diekstrak dari biji tanaman mustard. Komposisi asam lemaknya mirip dengan minyak jagung dan minyak biji bunga matahari. Memiliki titik asap 204° C. Mengandung asam lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh sebanyak 94%, sedangkan sisanya sekitar 6% adalah asam lemak jenuh yang tak baik untuk kesehatan tubuh.

Kegunaan: Untuk menggoreng, salad dressing, menumis.

Minyak kedelai
Terbuat dari biji kacang kedelai. Minyak kedelai ini kaya akan kandungan asam lemak tidak jenuh ganda (asam linoleat  (omega 3) dan asam linolenat (omega 6)) yang lebih tinggi dibandingkan  minyak nabati lainnya. Makanya, minyak ini dapat mencegah kolesterol dan penyakit jantung koroner.

Kegunaan: Untuk dressing pada salad, menumis (asalkan dipanaskan dengan api bersuhu rendah).

Minyak biji bunga matahari
Minyak ini diambil dari sari biji bunga matahari. Kaya akan vitamin E dan  asam lemak tidak jenuh ganda yang baik untuk kesehatan jantung.
Kegunaan: Untuk menggoreng, menumis, salad dressing.

Minyak Jagung
Diekstrak  dari sari pati biji jagung. Mengandung fitosterol dan antioksidan yang baik untuk jantung.
Kegunaan:  Untuk  menggoreng, menumis, dan dressing pada salad.

Minyak biji kapas
Diekstrak  dari  biji kapas. Dikenal juga dengan sebutan cottonseed oil. Kaya akan omega 6 dan antioksidan. Sayangnya, minyak ini baru dipasarkan di Amerika.
Kegunaan:  Untuk menggoreng,  membuat mayones, dan salad dressing.

(Mona Indriyani/Femina.co.id)

Survei: Saat Ada Anak Kecil Tersesat, Hanya 1 dari 616 Orang yang Menolong







Sebuah organisasi amal yang bergerak di bidang perlindungan anak, membuat survei untuk mengetahui kepedulian orang-orang pada anak-anak yang tersesat. Dari survei yang dilakukan di Inggris terungkap hanya satu dari 616 orang dewasa yang mau menolong seorang anak saat tersesat dari orangtuanya.

Survei tersebut dibuat oleh National Society for the Prevention of Cruelty to Children (NSPCC). Dalam surveinya, organisasi tersebut membuat percobaan dengan menempatkan dua orang gadis kecil berdiri dengan muka memelas di area yang ramai pejalan kaki.

Percobaan itu dilakukan pada Sabtu (22/3/2014) pagi di luar sebuah pusat perbelanjaan di London. Sebuah kamera tersembunyi merekam bagaimana reaksi orang-orang saat melihat Uma (tujuh tahun) dan Maya (lima tahun) yang berperan sebagai gadis cilik yang tersesat dari orangtuanya.

Uma menjadi anak pertama yang menjalani percobaan ini. Dia berdiri di keramaian pejalan kaki, dengan wajah memelas sambil memegang boneka kesayangannya. Dari kamera tersembunyi terlihat, ratusan orang hanya berjalan melewati Uma. Bahkan seorang ibu yang berjalan kaki sambil mendorong stroller bayi juga menunjukkan ketidakpeduliannya.

Percobaan kedua dilakukan Maya. Anak kecil berambut ikal itu memasang wajah memelas dengan menggigit jarinya. Dia juga sampai duduk di lantai karena tak ada satupun orang yang menolongnya meskipun dia sudah berdiri selama hampir satu jam.

Setelah hampir satu jam itu, akhirnya ada satu orang yang mendekati Maya yaitu seorang wanita tua pensiunan. Belakangan diketahui nama wanita tersebut adalah Pearl Pitcher asal Kent, Inggris.

Dalam wawancara setelah percobaan selesai, Pearl mengatakan awalnya dia hanya berjalan melewati Maya. Namun kemudian dia merasa harus mendatangi anak kecil itu. "Dia berdiri sudah sangat lama sendirian dan tidak ada orangtua atau teman yang datang," kata wanita berusia akhir 70-an itu.

Ibunda Maya dan Uma, Reshma Rumsey, yang menyaksikan percobaan ini dari balik kamera tersembunyi sangat shock dengan perilaku tidak peduli orang-orang pada dua buah hatinya. Dari 616 orang yang lewat di kawasan tersebut, hanya Pearl yang akhirnya berhenti dan mau menolong.

"Aku sangat shock orang-orang sebenarnya menyadari keberadaan seorang anak tapi mereka hanya berjalan melewatinya, entah karena mereka khawatir atau memang tidak peduli. Sebagai seorang ibu, melihat anakmu sendiri, tersesat dan butuh bantuan dan melihat tidak ada orang yang mau membantu, aku sangat sedih," kata Reshma yang berprofesi sebagai jurnalis ini.

Pakar dari NSPCC mengatakan orang-orang yang tidak mau menolong anak-anak tersebut bisa jadi karena mereka terlalu sibuk atau malah takut. Takut ini khususnya dialami oleh para pria. Mereka khawatir nantinya niat mereka menolong menjadi kesalahpahaman yaitu dikira sebagai penjahat seks yang mengincar anak-anak. Melihat kejadian tersebut, NSPCC pun meminta agar orang dewasa lebih peduli pada keamanan anak-anak ketimbang mengkhawatirkan anggapan orang. (Wolipop.detik.com)


Jumat, 06 Juni 2014

Menjawab Pertanyaan Anak Soal Uang







Sama seperti menjawab pertanyaan soal seks, kuncinya menjawab pertanyaan anak soal uang adalah kejujuran – tapi hanya sampai titik tertentu. “Mengatakan yang sejujurnya bukan berarti Anda harus jujur sepenuhnya. Bila berkaitan dengan anak, jujur artinya memberinya informasi sebanyak yang mampu dicernanya saat itu,” ujar Miriam Stoppard, M.D, penulis buku Questions Children Ask, “Anda bisa menjelaskan lebih dalam saat si kecil sudah lebih besar.”

Nah, berikut ini beberapa hal yang mungkin saja ditanyakan anak dan saran para ahli untuk menjawabnya:

"Kenapa mobil temanku jauh lebih bagus daripada mobil kita?"
Anak-anak suka membandingkan diri dengan teman-teman sebaya. Daripada berdebat dengan si kecil soal keluarga siapa yang punya barang-barang lebih keren, Anda bisa secara halus menuntunnya berdiskusi soal prioritas keuangan yang berbeda pada tiap keluarga.

Anda bisa bilang, misalnya, keluarga Anda lebih memilih tiap tahun pergi liburan ke tempat-tempat menyenangkan atau menabung demi biaya kuliah anak daripada membeli mobil mewah atau rumah yang besar, demikian saran Arva Rice, direktur economic literacy di Girls.Inc, sebuah lembaga nirlaba yang programnya berfokus pada peningkatan self esteem anak perempuan.

Jika memang ada perbedaan besar antara penghasilan keluarga Anda dan keluarga teman anak, bicaralah terus terang soal perbedaan kondisi keluarga – misalnya bahwa mama dan papa temannya semua bekerja, sedangkan si kecil hanya papanya yang bekerja – bisa membuat perbedaan dalam penghasilan keluarga.

"Berapa sih gaji mama dan papa?"
Inilah pertanyaan di mana menjawab dengan kejujuran total bukan hal yang bijak. Sebaiknya Anda tak menyebut angka karena selain bakal tersebar ke semua teman-temannya (dan mama mereka), anak berusia kurang dari 12 tahun belum bisa benar-benar memahami nilai riil besarnya gaji Anda.

“Anak kecil pasti akan berpikir Anda sangat kaya karena bagaimana pun jumlah gaji Anda tampak jauh lebih besar dibanding uang saku mereka,” ujar Dr. Stoppard.

Jika anak berusia kurang dari 6 tahun, jawablah dengan penekanan bahwa gaji Anda dan papanya cukup untuk membiayai semua kebutuhannya. Anak yang lebih besar biasanya akan menuntut jawaban lebih spesifik. Untuk menjawabnya, Ellie Williams Clinton, perencana keuangan dan penulis buku 101 Great Answers to the Toughest Financial Questions menyarankan agar Anda lagi-lagi secara halus mengubahnya menjadi diskusi mengenai bagaimana supaya bisa dapat gaji yang ‘bagus’.

Gunakan kesempatan itu untuk menanamkan pentingnya pendidikan, kerja keras dan ketekunan dalam mencapai kesuksesan financial. Anda juga bisa membandingkan beberapa jenis pekerjaan untuk menggambarkan beban pekerjaan dan gaji yang didapat.

"Kita kaya nggak?" atau  "Apa kita miskin, Ma?"
Anda bisa menjawab bahwa keluarga Anda ada di tengah-tengah karena banyak keluarga yang lebih kaya dan banyak juga yang ‘lebih miskin’. Lalu yakinkan ia soal kondisi keuangan keluarga Anda, “Mama dan papa punya cukup uang untuk beli makanan, baju, dan lain-lain kebutuhan keluarga kita.”

“Bahkan jika keluarga Anda termasuk kaya, Anda tak ingin anak berpikir ia bisa semaunya menghamburkan uang atau menyombong pada teman-temannya,” ujar Willard Stawski, presiden Cash University, perusahaan yang membuat materi edukasi financial bagi anak-anak. “Dan jika kondisi keuangan keluarga sedang sulit, Anda tak ingin si kecil malah jadi ikut khawatir soal bagaimana mama-papa bisa bayar sekolahnya atau membeli makanan untuk keluarga.” (Parenting.co.id)

Kurangi Kebiasaan Makan Garam







Tubuh Anda hanya perlu sedikit garam agar berfungsi normal. Terlalu banyak garam memicu hilangnya kalsium dan meningginya tekanan darah, meningkatkan risiko terkena stroke, sakit jantung dan sakit ginjal. Konsumsi aman per hari, menurut Institute of Medicine, Amerika:


•1.500 mg untuk orang dewasa dan anak lebih besar
•1.200 mg untuk si empat hingga delapan tahun
•1.000 mg untuk anak umur satu sampai tiga tahun

Sayangnya, kebanyakan orang Amerika makan sampai 4.000 mg per hari. Untuk mengurangi konsumsi:

•Gunakan bagian tanaman, rempah-rempah, perasan jeruk (nipis dan sebagainya), dan bawang (atau bubuk bawang putih) untuk membumbui makanan.

•Bilas sayuran dan kacang-kacangan dalam kaleng.

•Periksa kadar garam dalam kemasan sehingga Anda tahu persis berapa banyak konsumsi Anda.

•Jangan cuma perhatikan di tempat yang itu-itu saja sebab garam bisa terdapat di tempat yang tidak terduga-duga: ½ cangkir puding instan mengandung garam sebanyak 360 mg, serta seporsi panekuk dari beberapa campuran berisi 700 mg garam.

•Pilihlah makanan yang sudah dikurangi atau sama sekali tidak ditambahkan garam

(parenting.co.id)


Kamis, 05 Juni 2014

Keuntungan Punya Anak Usia ABG




Konon anak pra-remaja yang seringkali disebut ABG `hobi` menciptakan tantangan bagi para mama. Namun jika anak Anda berusia 11 hingga 15 tahun, jangan berkecil hati. Ada banyak hal seru yang hanya akan Anda di fase ini, berikut di antaranya:

1. Anda memiliki Teman Baru

Berbeda dengan fase sebelumnya, kali ini makan bersama di restoran bisa berisi obrolan seru tentang berbagai topik. Tidak lagi penuh dengan kekhawatiran anak Anda membuat ribut seisi restoran dengan tangisannya ataupun bingung memilihkan menu makan anak yang kurang variatif. Kalau mereka perlu ke toilet, Anda juga tidak perlu repot membantunya lagi! Coba ini: pergi nonton bioskop berdua anak, pilih film yang sesuai dengan usianya. Jangan film untuk anak kecil ya, ‘Ma!

2. Tidak Lagi Menjadi ‘Asisten Pribadi’

Justru Anda-lah yang memiliki asisten sekarang. Si pra-remaja sudah cukup mandiri dan mengerti instruksi yang cukup kompleks. Membersihkan kamarnya, membantu mencuci piring, membuang sampah hingga membuat makanannya sendiri. Mama tidak perlu merasa bersalah jika ia dengan senang hati melakukan itu semua. Justru dengan memberinya kesempatan membantu kegiatan rumahtangga, akan tumbuh kepercayaan diri dan perasaan berguna. Coba ini: beri ia tantangan berupa tugas yang agak sulit tapi masih aman untuk dilakukan. Lita, mama dari Keenan (11) pernah menawarkan apakah Keenan mau memperbaiki gagang pintu. Ternyata ia berhasil melakukannya hanya dengan membaca petunjuk dari buku. Tidak hanya bangga, Keenan juga merasa puas karena berhasil menaklukkan tantangan tersebut.

3. Mengenal Minat Baru

Anak pra-remaja memiliki semangat tinggi untuk menggali minat dan bakatnya, bisa di bidang olahraga, seni, bahkan permainan. Terkadang minat anak Anda bisa jadi suatu hal yang sama sekali baru di lingkungan keluarga. Menjadi orang pertama atau orang terkini yang mengenal suatu bidang membuat ia menjadi narasumber yang paling up-to-date. Sebagai ‘guru’ bagi anggota keluarga yang lain, ia akan bersemangat menerangkan hobi barunya. Coba ini: tekuni hobi bersama-sama. Kenalkan ia dengan hobi Anda atau Anda selami hobi barunya. Menjalankan hobi bersama tidak hanya menyenangkan namun juga meningkatkan hubungan baik orangtua dan anak.

4. Ia Ingin Membantu

Salah satu cara untuk memenuhi rasa ingin tahunya yang begitu besar, Anda bisa melibatkan anak pra-remaja pada kegiatan sosial. Ia dapat melihat dunia dari sisi yang berbeda dan merasa berguna. Coba ini: tunjukkan betapa bangganya Anda pada kegiatan sosial yang ia lakukan. Sesekali cobalah ikut terlibat dalam aksinya. Mengajak ia mendatangi pameran yang diprakarsai lembaga nirlaba untuk pencarian dana juga memperkaya pengetahuannya. Ia bisa mengenal berbagai aktivitas sosial tingkat dunia (redcross, unicef, dll) karena pada pameran itu biasanya terdapat berbagai presentasi yang mudah dipahami.
(parenting.co.id)


Tips Perawatan Perut Pasca Melahirkan







Kehamilan merupakan suatu hal yang dinanti-nanti oleh kaum wanita yang sudah menikah, bagaimana tidak karena dengan hamil lengkaplah sudah kebahagiaan bagi seorang wanita untuk menjadi seorang ibu yang sempurna.

Tapi seiring waktu berjalan, kehamilan dapat merubah bentuk tubuh seorang wanita, mulai dari dada, perut, pinggul dan paha akan semakin besar. Semua perubahan tersebut adalah wajar akibat adanya hormon kehamilan. Namun pasca melahirkan, seorang wanita dapat mengembalikan bentuk tubuhnya kesemula terutama daerah perut yang banyak mengalami perubahan bentuk.

Untuk mengecilkan perut pasca melahirkan dapat dilakukan secara alami, diantaranya :

Beras kencur dan kunyit
Beras kencur dapat membuat perut kembali singset/kecil, karena berus kencur dipercaya dapat mengecilkan rahim dan juga dapat mengurangi infeksi pada kandungan. Selain itu beras kencur juga dapat menghilangkan rasa lelah, letih dan dapat menambah nafsu makan.
Sedangkan kunyit berkhasiat dapat memulihkan peranakan/rahim pasca melahirkan. Dan juga bagus untuk orang yang sedang menstruasi karena dapat menghilangkan rasa lelah dan lesu dan menjaga kesegaran tubuh.
Kapur sirih
Kapur sirih juga berkhasiat untuk mengecilkan perut pasca melahirkan, caranya dengan mencampurkan 3 sendok makan kapur sirih dengan 2 sendok teh minyak kayu putih, aduk sampai rata dan ditambah perasan air jeruk nipis ( dari satu buah jeruk ), kemudian diaduk sampai jadi pasta encer. Lulurkan dibagian perut depan dan belakang tanpa ada gerakan memijat atau menekan, kemudian bungkus dengan handuk dan ikat dengan stagen atau kain panjang atau selendang. Sebaiknya dilakukan malam hari, untuk hasil yang maksimal lakukan selama dua bulan.

Rabu, 04 Juni 2014

Peluang Usaha Dibulan Ramadhan, Mau?







Bulan Ramadhan tinggal beberapa hari lagi, saatnya dibulan penuh berkah ini kita siapkan mental dan fisik agar dapat menjalani dengan penuh semangat.

Saat yang tepat bagi yang pengin belajar buka usaha atau mengembangkan usaha yang sudah jalan. Walau baru terjadi kenaikkan harga BBM beberapa hari lalu, tapi biasanya tetap tak berpengaruh jika masuk bulan Ramadhan.

Banyak peluang usaha dibulan Ramadhan yang bisa anda jalankan untuk menambah penghasilan atau minimal untuk belajar bisnis, bisa juga numpang makan jika usahanya dalam bidang kuliner.

Bagi yang sudah punya usaha, kini juga saat yang tepat untuk mempromosikan produk atau dagangan anda. Permintaan yang tinggi di bulan Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri kita
manfaatkan sebaik mungkin.

Ada beberapa peluang bisnis dibulan Ramadhan, sesuaikan dengan bakat atau kemampuan anda, termasuk modal tentunya. Rencanakan apa yang ingin dijual, berapa modal yang dibutuhkan, dimana lokasi berjualan, dimana mencari suplier barang dengan harga murah dan sebagainya. Silakan dipilih usaha apa
yang ingin anda jalankan atau mungkin punya ide usaha sendiri.

1. Makanan dan Minuman Berbuka Puasa/Takjil
Usaha berjualan makanan dan minuman untuk berbuka puasa cukup menjanjikan, dari makanan ringan seperti kue-kue basah, aneka macam gorengan, kudapan, cemilan, hingga menu berat untuk makan seperti ayam goreng, aneka macam ikan, sayuran dan sebagainya. Sedangkan untuk minuman seperti es kelapa muda, es pisang ijo, es kolak pisang, sup buah, es campur dan banyak menu lainnya.

2. Perlengkapan Ibadah Sholat
Banyak orang yang ‘menyegarkan’ perlengkapan sholat dibulan Ramadhan, seperti sarung, mukena, sajadah, , peci, tasbih atau al Quran. Cari distributor yang menjual dengan harga kompetitif, untuk barang-barang seperti ini biasanya dapat dikembalikan lagi jika tidak laku, tentu dengan jaminan.

3. Busana Muslim
Apapun kondisinya, karena sudah membudaya dimasyarakat memakai pakaian baru di hari raya, bisnis busana muslim tetap menggiurkan. Dari baju koko, jilbab, busana muslimah dan segala asesorisnya, baik untuk orang dewasa maupun anak- anak, pastikan anda mendapat harga beli yang kompetitif agar dapat bersaing, karena semakin banyak yang menekuni bisnis ini, baik dibulan Ramadhan atau setelah Ramadhan kelar.

4. Kue Kering
Usaha membuat atau menjual kue kering juga cukup menjanjikan. Kebiasaan masyarakat yang pengin serba praktis bisa anda manfaatkan sebaik mungkin. Menjelang lebaran biasanya permintaan sangat tinggi, pastikan kue-kue yang anda jual cukup komplit atau spesial agar dapat bersaing dalam bisnis ini.

Masih banyak peluang bisnis di bulan Ramadhan selain yang telah saya sebutkan diatas, seperti rental mobil untuk mudik, jual parsel, jual kurma, kembang api, jasa menjaga rumah yang ditinggal mudik penghuninya, laundry, jual ketupat lebaran
dan masih banyak lainnya. Bisa dilakukan saat Ramadhan saja atau diteruskan setelah setelah hari raya Idul Fitri usai.

Anda mau mencoba?

(kompasiana.com)

Tips Merawat Tas







Tas rupanya sering menjadi bahan koleksi yang menarik minat banyak di antara kita. Karena tas rupanya beraneka ragam dan mudah dipakai kapan saja tergantung kegiatannya. Tapi selain doyan mengoleksi, kita harus paham cara merawat tas juga ya agar awet dan tampil keren selalu.

Untuk tas yang jarang dipakai jangan asal dimasukan lemari saja ya, guys. Guna merawat tas itu bungkus kembali dengan kantong penyimpan yang biasanya disediakan ketika kita membeli tas tersebut; jika tidak disediakan tinggal beli terpisah kok. Jangan lupa untuk mengeluarkan koleksi kamu untuk diangin-anginkan setiap beberapa waktu sekali. Tas juga butuh sirkulasi udara yang baik.
Kalau tasnya bakal kamu simpan di dalam lemari jangan lupa berikan bahan-bahan penyerap kelembapan di dalam tas tersebut ya. Banyak dijual di toko-toko kok seperti kamper, gel serap lembab atau silica gel.
Jika tas kamu dari kulit asli, jangan sampai berada di bawah sinar matahari terlalu lama, karena bisa pecah-pecah texturnya alias rusak, tidak beda dengan kulit manusia jika kekeringan. Pemakaiannya juga hati-hati, tas kulit mudah sobek dan lecet; jadi pakainya buat kegiatan yang nyantai-nyantai aja ya guys.
Buat merawat tas kulit, kalau tas kulit asli sampai kena air, cepat keringkan dengan kain kering yang memiliki permukaan lembut.
Kalau tas kulit asli sampai berjamur, tenang dulu, coba bersihkan dengan sikat yang halus dan air dengan gosokan yang lembut. Kalau bagian yang terkena jamur ada di dalam tas, gosok lembut dengan sikat halus kemudian lap kering dengan kain halus. Sabun yang digunakan untuk merawat tas kulit asli adalah sabun khusus seperti saddle soap yang bisa kamu dapatkan di toko-toko kok.
Resleting seling disepelekan dalam langkah merawat tas padahal bisa repot kalau resleting tas sampai macet. Buat merawatnya bersihkan resleting dengan bee wax yang bisa kamu beli di toko perkakas dengan menggosoknya ke sepanjang gigi resleting.
Buat tas dari bahan kulit tiruan alias sintesis, membersihkannya bisa dengan digosok lempuk menggunakan lap karet yang lembut dan dibubuhi larutan cuka, setelah itu diusap kering dengan lap kain.
Hati-hati, untuk merawat tas secara maksimal simpan tas berbahan kulit dan plastik secara terpisah. Sebab bahan plastik bisa menyerap warna alami dari bahan kulit yang mengakibatkan memudarnya warna pada tas kulit asli.

from: esgotado.net
image: herworldplus.com

Selasa, 03 Juni 2014

5 Manfaat Cokelat






Meskipun ahli menyarankan mengonsumsi cokelat dalam jumlah moderat, karena tingginya kalori dalam cokelat, namun tak dapat disangkal, cokelat juga menyuntikkan manfaat bagi kesehatan. Berbagai penelitian mengungkap cokelat hitam memiliki antioksidan yang mencegah berbagai penyakit. Berikut lima manfaat cokelat, seperti dikutip dari Shine.

1. Cokelat membantu memecahkan matematika
Flavonol, senyawa dalam cokelat adalah antioksidan yang diperkirakan meningkatkan sirkulasi, termasuk aliran darah ke otak. Sebuah studi 2009, peserta yang minum cokelat dengan flavonol menghitung mundur tiga angka dari 800-900 lebih cepat ketimbang mereka yang tak mengasup cokelat.

2. Cokelat mengenyangkan
Para ibu selalu memperingatkan agar jangan makan cokelat sebelum makan malam. Dan, mereka benar. Peneliti Denmark menemukan, orang yang makan cokelat hitam sebelum makan mengasup kalori 15 persen lebih sedikit dan tidak tergoda makanan berlemak ketimbang mereka yang tidak makan cokelat.

3. Cokelat meningkatkan suasana hati
Cokelat mengandung phenethylamine, yang memicu pelepasan endorfin. Reaksi ini mirip dengan pengalaman jatuh cinta. Dokter di Inggris pasangan yang mengonsumsi cokelat mengalami kesenangan dua kali lipat saat berciuman ketimbang mereka yang tidak mengonsumsi cokelat. Alasannya, cokelat mengandung gula dan kafein tinggi yang menghasilkan kalori tahan lama.

4. Cokelat membantu agar relaks
Selalu ngidam cokelat saat merasa stres? Ada alasan biologis untuk kebiasaan satu ini. Penelitian menunjukkan cokelat mengandung senyawa anandamide, yang mengaktifkan reseptor otak yang sama seperti efek ganja. Tidak heran, menggigit sebatang cokelat mampu meningkatkan kebahagiaan.

5. Cokelat membuat awet muda
Sebuah studi di British Medical Journal menemukan, konsumsi cokelat dan permen memanjangkan umur hampir satu tahun daripada mereka yang menjauhkan diri dari hal-hal manis. Peserta yang makan permen 1-3 kali dalam sebulan memiliki tingkat kematian terendah.

Hal ini kemungkinan disebabkan adanya antioksidan dalam cokelat. Sebuah studi pada 2009 menemukan, pasien serangan jantung yang makan cokelat berisiko meninggal lebih kecil ketimbang mereka yang tidak mengasup cokelat. (eh)


sumber: http://kosmo.vivanews.com/news/read/...bagi-kesehatan

Yang Perlu Anda Tahu: Merawat Dompet Dari Bahan Kulit







Tas atau dompet dengan bahan dasar kulit disukai banyak orang karena terlihat lebih mewah dan elegan. Harga produk fashion yang terbuat dari kulit juga biasanya tidak murah.

Karena harganya yang tidak murah inilah, tentu akan sangat sayang jika tas atau dompet kulit tersebut tidak dirawat dengan baik. Kebanyakan produk dari kulit ini memerlukan perhatian khusus agar kualitasnya tetap terjaga dan bertahan lama.

Namun yang sering terjadi, semakin lama umur kulit, semakin rentan pula bahan tersebut dari minyak, debu dan kerusakan karena sinar UV yang selanjutnya akan menghilangkan kelembabannya. Untuk merawat koleksi tas dan dompet kulit Anda, berikut beberapa tips yang dikutip dari Type F:

1. Bahan Pembersih
Untuk membersihkan koleksi Anda yang berbahan kulit, carilah bahan-bahan pembersih yang kiranya akan membuat koleksi kulit Anda tahan air dan melembabkan material kulit, serta mengusir noda. Anda bisa menemukan bahan-bahan tersebut dari dapur Anda sendiri, seperti cuka, baking soda dan minyak zaitun. Jika Anda mengoleksi tas dan dompet branded, biasanya penjual akan menawarkan produk-produk khusus untuk membersihkan dan melembabkan material kulit tersebut.

2. Dasar Membersihkan Koleksi Berbahan Kulit
Tuangkan sedikit sabun tangan ke kain microfiber, kemudian usapkan sabun dengan gerakan melingkar ke koleksi kulit Anda. Gerakan melingkar tersebut berguna untuk mengangkat kotoran dari lapisan kulit. Gunakan sedikit air untuk membuatnya sedikit berbusa, namun jangan terlalu basah. Setelahnya, gunakan kain microfiber untuk membersihkan sabun (tidak perlu menggunakan air) dan lap hingga kering. Untuk material kulit seperti sepatu, jangan menggunakan sabun, tetapi gunakanlah cuka.

3. Membersihkan Noda
Jika barang kulit Anda terkena noda, solusinya Anda bisa mengusapkan alkohol dan air langsung pada bagian yang bernoda. Atau Anda bisa juga menggunakan campuran baking soda dan air untuk menghilangkan noda-noda tersebut.

4. Kondisioner Khusus Bahan Kulit
Untuk membersihkan dan melembutkan bahan kulit, campurkan cuka dengan dua sendok minyak zaitun, usapkan campuran tersebut ke koleksi kulit yang ingin Anda bersihkan, kemudian diamkan selama semalaman dan bersihkan di pagi harinya. Jika Anda memiliki kondisioner khusus untuk bahan kulit, tuang beberapa tetes kondisioner dan minyak zaitun pada kain microfiber. Aplikasikan kondisioner tersebut pada permukaan kulit dan tunggu hingga meresap seluruhnya.

5. Yang Harus Dihindari
Ketika membersihkan dan memberikan kondisioner untuk bahan kulit Anda, hindarilah pemakaian produk yang mengandung minyak munk, minyak petrolium, pelarut petrolium, silikon atau minyak lain yang sejenis. Zat-zat yang terdapat dalam minyak tersebut dapat meninggalkan noda atau bahkan merusak bahan kulit. Selain itu, hindari produk-produk yang berpotensi meninggalkan noda yang sulit dibersihkan.

Sebelum menggunakan alat-alat seperti pembersih dan kondisioner khusus tas, sebaiknya lakukan tes kecil apakah kondisioner tersebut benar-benar aman dan tidak meninggalkan noda pada kulit.

(eny/eny)-wolipop.detik.com
Gambar: female.store.co.id

Senin, 02 Juni 2014

Alasan Untuk Tidak Begadang







Para ahli banyak mengaitkan tidur yang berkualitas dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk memulihkan kebugaran fisik. Bahkan pada otak, tidur bisa berarti memberi kesempatan bagi organ tersebut untuk mengalami detoksifikasi.

Penelitian terbaru di University of Rochester menunjukkan bahwa berbagai senyawa yang bersifat racun di otak dikeluarkan saat seseorang sedang tidur. Bila proses ini berjalan baik, saat bangun tidur otak akan kembali bugar seperti halnya badan terasa lebih segar.

Sebaliknya bila proses ini terlalu banyak mengalami hambatan, misalnya karena susah tidur atau memang sengaja begadang, maka racun-racun itu akan menumpuk di otak. Akibatnya dalam jangka panjang bisa memicu penyakit Alzheimer, yakni sejenis pikun.

"Penelitian ini menunjukkan bahwa otak memiliki status fungsional yang berbeda pada saat tidur maupun terbangun," kata Dr Maiken Nedergaard, ilmuwan yang melakukan penelitian tersebut seperti dikutip dari Daily Mail, Sabtu (19/10/2013).

Akibat terjadinya proses detoksifikasi atau pembersihan racun saat tidur, sel-sel otak dikatakan akan menyusut hingga 60 persen. Kondisi ini menyebabkan racun-racun itu terdorong keluar dari otak dengan lebih efisien dibandingkan dalam kondisi terbangun.

Aktivitas pembersihan otak dari racun-racun kimia hasil metabolisme sampingan diklaim meningkat hingga 10 kali lipat saat seseorang sedang tidur. Bila proses itu terjadi saat bangun, energi yang dibutuhkan bisa membuat orang kehilangan kemampuan untuk berpikir.

Temuan ini sedikit banyak telah menjawab teka-teki untuk apa sebenarnya seseorang butuh tidur. Seorang ilmuwan, Thomas Edison suatu ketika pernah melabeli tidur sebagai 'tindak kriminal' untuk membuang-buang waktu saja saking tidak ada manfaatnya.


(up/vta)detikhealth
 

Mental Bisnis

Sebelum Memulai, Pastikan Anda Punya Mental Bisnis Dahulu

Bekerja di kantor bukan satu-satunya pilihan lagi untuk mendapatkan uang. Makin banyak orang yang menggerakkan bisnis mereka sendiri. Tetapi, menurut perencana keuangan Aidil AKbar Madjid, ada beberapa langkah yang perlu dipersiapkan sebelum Anda mulai sebuah bisnis.

Menurutnya, ketika Anda ingin mulai berbisnis, banyak orang yang menyangka hal itu memerlukan modal (uang) yang besar. Padahal, modal tidak harus berasal dari uang. Modal bisa berupa keterampilan, ilmu, waktu, dan lain sebagainya.

“Keberanian juga mengiringi. Bahkan, jika Anda mempunyai ide bisnis yang bagus, maka ide tersebut dapat Anda presentasikan kepada pihak yang mempunyai uang untuk bisa memodalinya,” tuturnya seperti dilansir Kompas.com.

Sebuah hobi memang dapat dijadikan bisnis untuk Anda. Tetapi, Aidil kembali menambahkan, ketika ingin menjadikan hobi menjadi peluang bisnis dan usaha, harus ada kedisiplinan dan komitmen yang besar agar bisnis tersebut berjalan lancar.

“Pastikan pada saat kita memulai bisnis, kita harus mempunyai mental bisnis dulu. Harus siap-siap untuk rugi juga, termasuk dalam bisnis waralaba (yang sudah sukses),” imbuh pria yang memulai kariernya sejak tahun 1994 ini.

Pada saat memulai suatu usaha, opsinya memang ada dua macam, yaitu membangun brand sendiri atau membeli waralaba. Namun, banyak orang yang salah kaprah mengenai konsep waralaba. Banyak yang mengira, membeli waralaba itu suatu investasi. Padahal, saat membeli waralaba artinya tetap ada bisnis yang harus dijalankan.

“Kalau mau ambil bisnis waralaba harus siap seperti sedang memulai bisnis baru. Kelebihan yang kita dapatkan dari waralaba yaitu brand-nya. Itu tujuannya untuk target market, dan kita juga membeli sistem,” jelasnya.

Selain itu, Anda juga harus menyiapkan waktu. Tidak ada bisnis yang bisa dilepas tangan. Misalnya, saat Anda memilih bisnis di waralaba, Anda juga harus melihat tempatnya, melakukan riset mengenai apa yang ditawarkan franchiser dari waralaba tersebut, menentukan target market, dan lain sebagainya.

source:ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis

Minggu, 01 Juni 2014

Pisang dan Madu Untuk Masker







Kamu ingin kulit wajahmu terlihat lebih cerah? Mudah saja, kamu bisa menggunakan cara alamiah yaitu dengan memakai masker alami pada wajah. Masker yang terbuat dari bahan alami selain memang lebih aman untuk kesehatan, juga memiliki efek lebih tahan lama bila dibandingkan dengan masker yang terbuat dari bahan-bahan kimia. Efek masker atau krim yang terbuat dari bahan kimia biasanya tidak bertahan lama, hanya bersifat sementara dan akan perlahan-lahan hilang bila produk tersebut berhenti digunakan.
Masker alami yang dapat digunakan adalah masker pisang madu. Ritual penggunaan masker pisang madu ini dapat kamu lakukan setiap hari di rumah. Cara membuatnya juga sangat sederhana dan mudah loh.
Madu baik untuk kulit wajah
Efeknya pada kulit adalah mampu mencerahkan kulit wajah. Pemakaian secara teratur juga akan membuat kulit wajahmu menjadi lebih sehat. Eits, bukan hanya itu, kulit kamu juga akan terlihat lebih mulus dan bersih. Keriput dan noda-noda di wajah juga bisa menjadi lebih samar. Akibatnya wajahmu akan semakin enak dilihat.
Mengapa Pisang dan Madu? Apa sih kandungan didalamnya yang penting bagi kulit?
Pisang mengandung vitamin C yang baik untuk kulit. Vitamin C dapat meremajakan sel-sel kulit dan membentuk sel-sel kulit baru.
Pisang juga kaya akan magnesium, dimana dalam satu buah pisang terkandung sekitar 30 mg magnesium. Asupan magnesium di dalam tubuh jangan sampai kurang. Kekurangan magnesium dapat membuat kulit terlihat pucat dan kusam, akibat buruknya sirkulasi dalan tubuh. Dengan demikian mineral magnesium yang terkandung di dalam buah pisang amat diperlukan untuk mempercantik dan membuat kulit terlihat lebih cerah.
Sementara madu baik untuk kulit karena mampu mengurangi kerutan dan mencerahkan kulit. Kandungan antioksidan di dalam madu bisa melindungi kulit dari sinar uv dan mampu mencegah penuaan dini. Selain itu, madu juga dapat menjaga elastisitas ,kelembutan, dan kelembaban kulit.

Ingin tahu cara membuat masker pisang madu?
Caranya adalah pilih pisang (lebih disarankan pisang Ambon) yang sudah matang lalu dihancurkan. Tambahkan sedikit madu (sekitar 1 sendok makan), lalu aduk rata. Selanjutnya oleskan masker tersebut pada wajah sekitar 15-20 menit. Terakhir, bilas wajahmu dengan air hangat, diikuti dengan air dingin setelahnya. Lakukan perawatan ini secara rutin dan teratur.
Wah, berarti, pisang dan madu selain dapat dimakan juga baik sekali digunakan sebagai masker untuk mencerahkan kulit wajah ya? Cukup mudah dan murah bukan? Selamat mencoba. (ST)

Sumber: http://informasitips.com
Gambar: ClosetCooking.com

Usaha Dengan Modal Kecil

Berbisnis tampaknya saat ini menjadi satu pilihan yang tepat untuk bisa memenenuhi kebutuhan hidup. Ditengah krisis ekonomi dan kebutuhan yang terus bertambah, kita memang harus lebih cermat untuk menemukan ruang usaha sebagai lahan bisnis. Tingginya persaingan dalam setiap usaha memang menuntut kita untuk lebih kreatif untuk mendapatkan keuntungan. Usahakan untuk tidak ikut menjadi pengusaha dari bidang tertentu yang saat ini telah banyak disekitar anda, tapi justru buatlah satu inovasi yang lain dan berbeda sehingga akan membuat orang lain lebih tertarik. Memilih satu usaha dengan modal kecil menjadi satu ide yang tepat bagi anda yang mempunyai modal terbatas.

Berikut ini adalah beberapa jenis usaha dengan modal kecil yang bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan keuntungan;
1.  Peluang usaha menjual makanan dan minuman
Berbisnis di bidang ini memang cukup menjanjikan. Makanan dan minuman yang merupakan kebutuhan pokok manusia memang sudah bisa dipastikan akan selalu dibutuhkan oleh manusia. beberapa jenis makanan di sini bisa dikemas sebagai penjual makanan melalui ketering, makanan ringan, atau mungkin menjual gorengan. Apapun jenis makanan yang anda pilih, semuanya membutuhkan modal yang relatif kecil sehingga bagi anda yang memilki modal terbatas tetap bisa menjalankan bisnis. Sedangkan untuk minuman bisa berupa teh melati, kopi, aneka es atau jenis minuman lainnya yang tentunya juga membutuhkan modal yang relatif kecil. Baca lebih lanjut sukses membuka usaha catering.
2.  Usaha Jual Pulsa
Banyaknya pengguna handphone sudah bisa bisa pastikan bahwa kebutuhan akan pulsa juga semakin bertambah. Kondisi ini merupakan peluang yang bisa anda manfaatkan  untuk menambah penghasilan anda. Dengan usaha dengan modal kecil minimal 50.000 biasanya anda sudah bisa memulai untuk menjual produk pulsa ini.
3.  Menjadi makelar
Makelar atau perantara dalam suatu transaksi jual beli juga bisa menjadi alternatif ide usaha anda. Produk apapun yang ingin dijual anda bisa membantu menjajakan barang tersebut kepada orang lain yang sekiranya membutuhkan. Jika barang sudah laku maka anda akan mendapatkan komisi. Meskipun begitu, jadikan profesi sebagai makelar ini nantinya hanya sebagai pekerjaan sampingan saja, karena penghasilanya tidak bisa dipastikan.
4.  Bisnis online
Saat ini media online juga telah memberikan keuntungan yang positif untuk banyak penggunanya. Banyak dari pengguna internet yang telah sukses merintis karirnya di dunia online. Jika anda mau mencari, banyak peluang bisnis online yang bisa anda manfaatkan untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah anda. Tapi tentu hal ini membutuhkan kemauan dan keseriusan untuk terus belajar terutama bagi anda yang masih baru.
Bagi anda yang saat ini hanya memiliki jumlah modal terbatas, jangan pernah ragu untuk memulai satu jenis usaha dengan modal kecil. Bagaimanapun juga memulai usaha dengan modal kecil telah banyak mengantarkan sukses untuk banyak orang.

source:http://danausaha.net