Minggu, 23 Februari 2014

Bahaya Membuat Status Galau Di Facebook

Apakah Anda dan keluarga Anda termasuk  pengguna facebook, twitter, path, BBM atau sosial media lainnya? Sosial media kini menjadi bagian penting bagi sebagian besar orang di jaman sekarang. Selain untuk bersosial, sosial media memberikan hiburan tersendiri bagi penggunanya. Sosial media harusnya digunakan dengan baik agar manfaat yang kita dapat pun akan baik dan maksimal.
Berikut beberapa manfaat sosial media bagi hidup kita:


• Untuk menambah teman

• Menjaga silaturahmi kepada teman lama atau yang tinggal jauh dari kita

• Sarana berbagi informasi kepada pengguna yang lain

• Jika Anda memiliki bisnis misalnya online shop, sosial media dapat dijadikan sarana promosi

• Jika Anda mengadakan event, sosial media adalah media yang tepat untuk mempublish dan menyebarkan undangan kepada teman-teman Anda

Dalam sosial media tersedia fitur dimana pengguna lain akan dapat mengetahui apa yang Anda bisa berbagi tentang kejadian atau perasaan yang Anda sedang alami dan rasakan melalui posting-an status yang Anda buat.

Kebebasan mengekspresikan perasaan melaui status inilah yang sering membuat orang mencurahkan segala isi hatinya di sosial media. Kadang kala Anda tidak menyadari bahwa akan ada sekian banyak orang yang akan membaca status yang Anda buat. Untuk itu, berhati-hatilah jika ingin menuliskan status di sosial media-sosial media tersebut.

Mungkin Anda sering mendapati membaca status-status galau yang dipost-kan oleh teman Anda, atau bahkan Anda juga sering melakukannya?. Jika Anda termasuk orang yang sering membuat status galau di sosial media, lebih baik Anda kurangi bahkan hilangkan kebiasaan tersebut.

Pasalnya, jika Anda sering mem-posting status-status galau, hal tersebut dapat membahayakan keselamatan diri Anda sendiri. Bahayanya sering membuat status galau di media sosial seperti yang dikatakan kapolri adalah dapat mengundang tindak kejahatan terhadap si pembuat status.

Pemerintah mengatakan behwa penjahat akan mencari kesempatan melalui status-status BBM atau Broadcast Message yang Anda kirim, bahkan dari facebook dan twitter. Berikut contoh statusnya:

1. “Kesepian dirumah sendirian” atau hanya “home alone”. Status tersebut akan memberitahukan kepada orang yang ingin berbuat jahat misal perampok bahwa “ini saat yang tepat untuk merampok rumah saya karena saya sendirian”.

2. “Bingung, butuh uang untuk ...” dapat mengundang tindak kejahatan berupa penipuan

Oleh karena itu dihimabau kepada Anda untuk men-share hal-hal baik dan positif di sosial media. Kurangilah atau bahkan hilangkanlah kebiasaan mem-posting status-status semacam itu. Anda harus menyadari bahayanya sering membuat status galau di media sosial mulai dari sekarang.

Peringatkan pula seluruh anggota keluarga Anda agar tidak mem-posting status-status galau di akun sosial media mereka. Sesuai namanya, sosial media hendaknya digunakan untuk bersosialisasi, bukan hanya untuk berkeluh kesah dan mengumbar kegalauan ke pengguna sosial media yang lain.

Tanamkan pada diri Anda bahwa jika Anda membuat sebuah status, itu sama saja Anda berteriak ditengah-tengah ribuan orang yang sedang memperhatikan Anda. Jadi, pikirkan sekali lagi sebelum Anda mem-posting status-status Anda. (ip/jun/Perempuan.com)

0 komentar:

Posting Komentar