Senin, 05 Mei 2014

Nyaman Menjalankan Hobi

Memiliki hobi memang menyenangkan. Hal itu karena hobi dapat digunakan sebagai penyeimbang dalam kehidupan, terutama melawan kesibukan dan penat di tempat kerja.

Namun, pada sisi lain hobi dapat membuat Anda menjadi boros dalam hal pengeluaran. Karena kalau sudah namanya hobi, berapa rupiah pun rela Anda keluarkan demi mendapatkan atau melakukan apa yang menjadi hobi Anda.

Jalan tengahnya sebetulnya semua orang tahu, yaitu pengendalian diri. Artinya, pada satu sisi Anda tetap menjalankan hobi, namun pada sisi lain logika harus lebih kuat dari perasaan. Namun pelaksanaannya belum tentu.

Simak tip berikut agar hobi dan keuangan Anda sejalan:

Menentukan hobi mana yang Anda ingin dalami – dari sekian banyak hobi yang Anda minati – bakal membuat keuangan Anda lebih longgar. Mengakui bahwa Anda tidak bisa menjalankan semua hobi yang Anda minati lantaran hambatan keuangan, adalah salah satu cara yang efektif untuk meredam keinginan.

Membuat bujeting untuk hobi adalah salah satu bentuk pengendalian diri. Yang dimaksud adalah dalam satu bulan Anda menetapkan satu bujet tertentu untuk menjalankan hobi, dan setelah bujet itu habis, Anda tentu harus menahan diri sampai bulan berikutnya. Dengan cara ini Anda dapat melihat dengan saksama biaya yang Anda keluarkan untuk menjalankan suatu hobi, dan berhitung ulang di kemudian hari.

Menabung demi hobi yang lebih dahsyat, bisa Anda terapkan setelah membuat bujeting. Maksudnya, ketimbang Anda mengeluarkan bujet bulanan sedikit demi sedikit, kenapa tidak mencoba menabungnya selama beberapa waktu, lalu menghabiskannya untuk sesuatu yang lebih dahsyat. Misalnya Anda hobi membeli tas, ketimbang Anda menghabiskan uang untuk membeli tas non-branded tiap bulan, kenapa tidak menahan diri tidak berbelanja, lalu setelah uangnya terkumpul Anda dapat membeli tas yang branded sekalian. Kabar baiknya, dari tas branded tersebut Anda masih bisa menjualnya dan mendapatkan uang untuk membeli tas branded lain. (Antono Purnomo) readersdigest.co.id

0 komentar:

Posting Komentar