Rabu, 28 Mei 2014

Waspada Bahan Berbahaya Dalam Kosmetik







Kosmetik di pasaran, memang saat ini sedang marak, baik itu kosmetik dari dalam negeri maupun luar negeri, hal tersebut tentu akan membuat Anda tergoda untuk mencobanya. Walaupun produk-produk kosmetik tersebut berlabelkan natural atau alami, Anda tetap perlu untuk lebìh selektif dan kritis dalam memilih kostmetik yang sesuai untuk Anda. Jangan mudah termakan oleh iklan, telitilah sebelum membeli, perhatikan juga komposisi atau bahan-bahan yang terkandung dalam kosmetik tersebut, lihatlah komposisinya yang biasanya tercantum dalam kemasan atau kertas tersendiri.
Bahan yang tidak baik dan berbahaya yan. Ada dalam kosmetik memang banyak ragamnya, dan tidak mungkin menghafalnya satu persatu. Namun bahan berbahaya yang masih sering digunakan dalam banyak produk cleanser adalah SLS, bahkan cleanser merek terkenal pun masih ada yang menggunakan SLS. Berikut adalah beberapa bahan berbahaya dalam kosmetik yang perlu untuk Anda waspadai, diantaranya adalah:
  1. Sodium Lauryl Sulfate (SLS)
    Bahan yang juga disebut dengan sulfactan ini masih cukup banyak digunakan dalam produk-produk facial wash ataupun cleanser, SLS memiliki resiko iritasi yang cukup tinggi, kosmetik yang terkandung SLS didalamnya, biasanya akan terasa kesat di kuli. Selain itu, biasanya kosmetik dengan bahan ini akan mengangkat lemak pada kulit, padahal lemak tersebut berfungsi sebagai proteksi kulit, akibatnya akan menyebabkan kulit iritasi, radang, alergi dan sebagainya.
  2. Pewarna
    Pewarna yang sering digunakan dalam kosmetik, semisal blush on, bisa menyebabkan munculkan flek kecoklatan pada pipi, dalam pemakaian yang terlalu sering, begitu juga parfum yang memiliki kandungan gamot (salah satu macam pewarna), yang juga akan menimbulkan flek coklat di kulit.
  3.  
  4. Paraben
    Paraben memiliki beragam jenis, diantaranya adalah Buthyparaben, Methylparaben, Isobutylparaben, Propylparaben, dan masih banyak lainnya. Paraben adalah bahan kosmetik yang digunakan untuk mengawetkan produk agar self live nya lebih tahan lama. Bahan tersebut, jika dioleskan terlalu sering ke kulit, akan menimbulkan reaksi, dan dalam jangka panjang, akan memberikan efek yang lebih buruk. Paraben sendiri sudah lama dipakai dalam kosmetik, dan sebenarnya dilarang untuk dipakai.
  5.  
  6. Mineral Oil
    Mineral oil atau juga disebut petroleum masih banyak dipakai dalam pelembab, bahan ini merupakan bahan berbahaya jika digunakan untuk kulit, kulit yang terlalu sering memakai bahan ini akan terlihat kusam dan berminyak. Namun, penggunaan bahan ini dalam kosmetik masih menjadi kontroversi.
Itulah beberapa bahan berbahaya dalam kosmetik yang perlu Anda waspadai, embel-embel natural saja tidak cukup untuk menyatakan apakah produk kosmetik yang Anda pilih aman untuk dipakai, jika benar-benar natural atau alami, tentu produk tersebut tidak akan memakai bahan pengawet atau bahan kimia yang lain. Jadi, sekarang tinggal bagaimana Anda untu menyikapi bagaimanakah kosmetik yang baik untuk Anda, sehingga tidak salah pilih kosmetik. (KiatCantik.com)

0 komentar:

Posting Komentar