Minggu, 16 Maret 2014

Konsumsi Makanan Ini Tiap Hari Agar Kulit Sehat Bebas Jerawat







Merawat kesehatan kulit tidak cukup hanya dengan pemakaian produk topikal seperti krim pagi/malam, serum, sunblock atau masker. Agar kulit wajah sehat dan bebas dari gangguan seperti jerawat atau kekusaman, Anda perlu melakukan perawatan dari dalam yaitu dengan konsumsi makanan yang tepat.

Pakar diet dan nutrisi Elisa Zied yang juga penulis buku 'Boost Energy and Look and Feel Younger in 7 Days' mengatakan, ada tujuh makanan yang jika dikonsumsi secara rutin bisa membantu membuat kulit jadi lebih sehat, bercahaya dan bebas masalah. Ini dia daftar makanan tersebut, seperti dikutip dari Women's Health Mag.

1. Salmon atau Tuna
Ikan salmon dan tuna mengandung buiton, jenis vitamin B yang memproduksi asam lemak dan asam amino yang baik untuk menjaga kelembaban dan kehalusan kulit. Kekurangan biotin bisa menyebabkan kulit kering dan bersisik.

2. Ubi Manis
Mengonsumsi ubi manis akan menjaga kecukupan air di dalam tubuh, membuat kulit dan sel-sel lainnya terhidrasi. Ubi yang berwarna oranye juga kaya akan vitamin A yang bisa mengubah warna kulit jadi merona dan kuning langsat.

3. Almond
Diperkaya dengan vitamin E, kacang dengan rasa yang gurih ini bisa membantu menjaga kesehatan dan kelembaban kulit. Rajin mengunyah kacang almond tiap hari juga bisa membantu menambah ketahanan kulit terhadap efek buruk sinar matahari.

4. Biji Bunga Matahari
Biji bunga matahari juga merupakan sumber vitamin E yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dari lingkungan luar maupun dalam tubuh. Perlu diketahui, radikal bebas dalam jumlah besar bisa merusak sel-sel tubuh, termasuk sel kulit.

5. Karbohidrat Kompleks
Makanan yang diproses dan tepung putih bisa meningkatkan peradangan dan menyebabkan munculnya jerawat. Ganti nasi putih, mie atau pasta dengan beras merah dan jenis karbohidrat kompleks lainnya seperti roti gandum, oatmeal atau kacang-kacangan yang glikemik indeksnya rendah, sehingga bisa mengurangi jerawat.

6. Jus Jeruk Segar
Jeruk kaya akan vitamin C yang bekerja sebagai antioksidan untuk melindungi kulit dan sel-sel tubuh lainnya dari kerusakan, akibat radikal bebas dari lingkungan juga dalam tubuh. Vitamin C juga membantu memperbanyak produksi kolagen, jenis protein yang penting untuk elastisitas kulit.
(wolipop.detik.com)

0 komentar:

Posting Komentar