Sabtu, 01 Maret 2014

Tips Merawat Jas Hujan Agar Awet







Penggunaan jas hujan memang sangat dibutuhkan di musim hujan seperti saat ini. Demi melindungi tubuh dari terpaan hujan, membuat jas hujan mau tak mau menjadi pilihan saat berpergian keluar rumah.

Pemakaiannya yang sifat berlanjut ketika musim hujan, jas hujan pun perlu mendapatkan perawatan yang baik agar tetap awet. Tak jarang banyak sekali orang setelah menggunakan jas hujan sering melipatnya dan dimasukan ke dalam kantong dalam keadaan basah. Sebenarnya hal tersebut adalah salah, karena jas hujan yang dilipat dalam keadaan basah akan mengundang jamur dan bau yang menempel pada jas hujan.

Beriku tips merawat jas hujan agar awet:

1. Setelah penggunaan jas hujan, sebaiknya digantung atau ditiriskan terlebih dahulu. Jas hujan yang digantung atau ditiriskan bertujuan untuk mengeringkan jas hujan dari sisa air. Ini sangat membantu menghidari jas hujan dari jamur yang menempel.

2. Jika memang sedang tidak digunakan, dan cuaca yang bersahabat, maka sangat dianjurkan untuk jas hujan dijemur. Proses penjemuran jas hujan ini, bukan hanya untuk mengeringkan namun juga menghindari penjamuran atau bahkan kuman yang menempel.

3. Bantu keringkan dengan cara mengelap jas hujan. Di sela-sela menjemur jas hujan, ada baiknya dilap demi membantu proses penjemuran dan menghilangkan noda kotoran yang menempel. Cukup  mengelap dengan kain sintetis atau kain yang kering.

4. Jangan pernah menyikat jas hujan, karena hal ini bisa menyebabkan kerusakan dan penipisan lapisan pada jas hujan.

5. Jika memang ingin mencuci jas hujan, ada baiknya untuk tidak menggunakan detergen sabun pakaian. Hal ini bertujuan untuk menghindari kerusakan yang disebabkan oleh bahan kimia pada detergen. Cucilah dengan sabun mandi atau sabun cuci piring.

6. Jika jas hujan sudah kering, sebaiknya dimasukan ke dalam kantong yang kering. Hindari kantong yang basah karena ini bisa memicu jamur dan bau.

7. Usahakan untuk melipat jas hujan dengan benar, jangan melipat jas hujan pada daerah sambungan karena hal ini bisa mengakibatkan kerobekan. (Perempuan.co.id)

0 komentar:

Posting Komentar