Rabu, 09 April 2014

Awas, Balita Anda Kecanduan 'Tablet'!

Seorang ahli dari inggris baru-baru ini memperingatkan para orangtua dengan gadget 'tablet' yang kerap dibuat sebagai alat permainan anak. Dokter Richard Graham, Sang Ahli mengatakan, balita yang  kecanduan bermain gadget ini, akan membutuhkan perawatan psikiater di masa depan.
Salah satu kasus yang ditemukan olehnya adalah seorang gadis kecil berusia 4 tahun dari Inggris Selatan, yang merasa depresi berkepanjangan saat perangkat tersebut diambil oleh orangtuanya selama sehari penuh.
Graham kemudian memberikan terapi perilaku kompulsif untuk menghilangkan kecanduan Si Kecil tersebut selama lebih dari setahun. Menurutnya, balita ini telah menggunakan perangkat hingga 4 jam sehari selama beberapa tahun dan mengalami kecanduan.
Ia mengatakan bahwa kecanduan semacam ini dapat menghambat anak-anak membentuk hubungan sosial yang normal dan menjadi larut dalam interaksi yang konstan. Seperti dilansir oleh Sunday Mirror, Graham menambahkan bahwa anak-anak masa kini memiliki akses internet tak lama setelah mereka dilahirkan dengan melihat orangtua mereka bermain.
Bila orangtua tidak dapat menjaga keseimbangan hiburan mereka, maka anak-anak menjadi kecanduan, marah, dan berperilaku tak terkendali bila perangkatnya diambil. Saat mereka dewasa, masalah kehidupan sosial mereka hanya semakin memburuk bila tak segera diatasi.
Sang Ahli pun meyakini bahwa di dunia ini banyak balita yang mengalami kasus serupa. Oleh karena itu, sebaiknya Anda waspada akan teknologi yang bisa membuat Si Kecil lupa akan interaksi sosialnya. (Anggita/freedigitalphotos/Motherandbaby.co.id)

0 komentar:

Posting Komentar