Minggu, 06 April 2014

Obat Tradisional Penyakit Vertigo

Penyakit yang satu ini memang sudah cukup populer di kalangan masyarakat. Tidak sedikit orang Indonesia yang menderita vertigo. Apa sebenarnya vertigo? Vertigo adalah perasaan seperti seolah-olah penderita bergerak atau berputar, atau benda-benda di sekitar penderitalah yang nampak bergerak atau berputar. Kadang kala vertigo ini disertai dengan mual dan juga kehilangan keseimbangan.

Waktu berlangsungnya penyakit vertigo ini biasanya hanya beberapa saat saja. Meskipun begitu tidak menutup kemungkinan penyakit ini bisa berlanjut hingga berjam-jam dan berhari-hari. Biasanya hanya dengan berbaring dan diam, penderita akan merasa lebih baik, meskipun vertigo belum benar-benar sembuh.

Karena itulah banyak orang ingin mendapatkan obat penyakit vertigo, tidak ada hanya secara medis, tapi juga secara tradisional. Obat penyakit vertigo secara tradisional yang paling dikenal adalah dengan menggunakan kulit manggis dan daun sirsak.

Kandungan di dalam ekstrak kulit manggis diketahui dapat digunakan sebagai obat penyakit vertigo karena mengandung zat aktif Xanthone yang mempunyai efek sebagai anti oksidan kuat. Selain itu, zat ini pun mempunyai efek yang berfungsi sebagai anti flamasi (peradangan), anti lipid. Ekstrak kulit manggis ini pun bisa digunakan sebagai anti kanker, kardioprotektif.

Zat anti inflamasi inilah yang mampu menjadi obat penyakit vertigo karena kemampuannya mengobati peradangan yang terjadi pada saraf vestibuler yang merupakan penyebab penyakit vertigo. Bakteri jahat yang menjadi penyebab infeksi telinga bagian dalam dan juga infeksi labirin di dalam telinga pun dapat diatasi oleh kandungan zat aktif xanthone dari kulit manggis ini. Ternyata berdasarkan beberapa penelitian, sifat xanthone ini adalah antimikroba terhadap MRSA atau Methicilin Resistand Staphylococcus Aureus. Ini merupakan bakteri yang kebal terhadap obat antibiotik yang akan menyebabkan infeksi akut.

Obat penyakit vertigo pun bisa berupa daun sirsak. Daun sirsak ternyata mempunyai kandungan aktif Acetogenin. Menurut beberapa penelitian, daya kerja zat anti kanker di dalam daun sirsak ini memang sepuluh ribu kali lebih kuat dalam membunuh dan memperlambat pertumbuhan sel kanker secara alami dibandingkan dengan penggunaan Adriamycin atau kemoterapi yang biasanya diterapkan pada pasien.

Penyebab penyakit vertigo yang menekan saraf vestibulus pun bisa diatasi dengan sangat mudah oleh kandungan Acetogenin pada daun sirsak ini. Tidak hanya digunakan sebagai obat penyakit vertigo, daun sirsak pun ternyata mampu digunakan untuk melenturkan saluran pembuluh darah serta mengencerkan darah yang akan membuat pasokan darah menuju ke arteri vertebral dan arteri basiler bisa berjalan normal. (an/jun/Perempuan.com)

0 komentar:

Posting Komentar