Kamis, 17 April 2014

Ayo, Hargai Hasil Karya Anak

Tanpa disadari kritik dan saran orangtua terhadap anak memiliki pengaruh buruk bagi si kecil. Kesalahan dalam mengungkapkan kritik dan saran dapat membunuh antusiasme si kecil.

Bila si kecil dengan wajah berbinar-binar menghampiri Anda lalu memamerkan karyanya yang "spektakuler" berupa kartu, lukisan pegunungan atau lainnya. Apapun bentuknya, si kecil merasa bangga dan tidak sabar lagi ingin memamerkannya kepada orang yang paling dekat di hatinya.

Sikap yang ditunjukkan orangtua dalam menghadapi situasi tertentu sangat mempengaruhi si kecil. Kadang orangtua justru yang merusak suasana sebab memberikan kritik terhadap karya tersebut secara berlebihan seperti gambarnya kurang ini, tulisannya kok begitu dan sebagainya. Membuat si kecil patah hati dan melangkah pergi dengan kepala menunduk. Bahkan mungkin anak berjanji dalam hati tidak akan pernah mencoba lagi untuk membuat yang lebih baik.

Memang evaluasi dan kritik positif juga diperlukan untuk mendorong semangat si kecil agar dapat melakukan yang lebih baik pada kesempatan berikutnya, tapi Anda tetap harus berhati-hati agar si kecil tidak tersinggung. Jika antusiasme si kecil dalam belajar dan mencoba dipatahkan dengan kritik yang terlalu pedas, sulit bagi si kecil untuk menumbuhkan semangat itu kembali.

Akan lebih baik jika orangtua memandang sisi positif dari usaha yang dilakukan si kecil dan berikan dukungan semangat agar si kecil meningkatkan kualitas hasil karyanya tersebut.
(perempuan.com)

0 komentar:

Posting Komentar