Senin, 07 April 2014

Usia Rentan Penyakit Jantung Koroner



Penyakit memang tidak bisa dihindari begitu saja oleh kita. Sebagian dari Anda ketika Anda merasa masih sehat, semuanya akan baik-baik saja. Tetapi terkadang, ada penyakit yang tidak memberikan tanda-tanda yang dapat dirasakan oleh tubuh, bisa saja secara mendadak penyakit itu mampu menyerang kita.

Masih sedikit dari Anda yang menyadari tentang itu, sedikit orang tersebut mempersiapkan waktu dan uang untuk sekedar periksa keseluruhan tubuh mereka yang dilakukan secara rutin. Tetapi memang tidak semudah itu untuk melakukannya, banyak orang berpikiran ada hal yang lebih penting ketika harus check up ke dokter yang mereka anggap mereka sehat-sehat saja dengen kondisi fisik mereka.

Salah satu penyakit yang menjadi musuh terbesar manusia dan masih menjadi salah satu “pembunuh” utama manusia adalah penyakit jantung. Menurut penelitian yang dilakukan oleh beberapa peneliti mengatakan bahwa 75% kematian disebabkan oleh penyakit jantung karena serangan jantung dan 90% menderita penyempitan pembuluh darah coroner atau biasa disebut dengan jantung koroner.

Perlu diketahui yang menjadi usia rentan terhadap penyakit ini adalah usia senir atau usia atau usia yang menginjak angka 50 tahuan. Bukan berarti penyakit jantung koroner tidak memberikan ancaman kepada mereka yang memiliki usia lebih muda. Yang paling penting adalah penyakit jantung akan lebih mengancam bagi mereka yang tidak memperhatikan pola hidup sehat.

Pada usia senior, penyebab dari terkenanya penyakit jantung koroner karena kualitas pembuluh darah yang mengalami penurunan, sehingga rentan terjadinya penyempitan pembuluh.

Walaupun faktor usia menjadi penyebab dari adanya penyakit jantung koroner bukan berarti tidak dapat mencegahnya sejak dini. Yang paling utama menyebabkan penyakit ini adalah pola hidup. Ketika pola hidup seseorang buruk, akan dengan mudah terkena penyakit ini. Beberapa tips untuk mencegah penyakit jantung coroner sejak dini antara lain :

1. Hindari rokok dan produk dari tembakau
Salah satu hal yang paling berbahaya dalam suatu gaya hidup adalah menjadikan tembakau sebagai bagian didalamnya. Yang sebenarnya banyak penyakit yang disebabkan oleh tembakau lebih mudah pencegahannya dengan tidak menggunakannya daripada jenis penyakit dengan sebab lain.

2. Kurangi konsumsi alkohol
Alkohol tidak hanya merusak pikiran bagi peminumnya tetapi juga merusak organ penting dalam tubuh. konsumsi alkohol yang berlebih dapat menyebabkan kerusakan hati yang juga menyebabkan kanker.

3. Pola makan yang benar
Pola makanan yang berserat mampu membantu dalam mengurangi resiko penyakit jantung koroner bahkan beberapa tipe kanker lainnya. Perbanyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran.

4. Idealkan berat badan
Banyak resiko yang didapat ketika Anda memiliki berat badan yang berlebih. Selain  kolesterol tinggi dapat meningkatan faktor hipertensi dan masih banyak lagi. Sebaiknya kurangi berat badan dengan melakukan diet sehat dan berolahraga secara teratur.

Saat ini, usia tidak menjadi apakah orang tersebut terkena panyakit jantung atau belum. Tetapi gaya hidup yang menentukan apakah Anda akan dapat mencegah penyakit masuk ke dalam tubuh Anda atau malah mempercepat penyakit tersebut masuk dengan mudah.

Penyakit jantung koroner memang tidak bisa dibiarkan begitu saja, banyak hal yang harus Anda pelajari dan gaya hidup yang harus Anda rubah sedini mungkin untuk mencegahnya. Karena jantung merupakan bagian penting dalam hidup manusia dan sebisa mungkin Anda harus tetap menjaganya karena ketika jantung mendapatkan gangguan maka bisa saja fatal akibatnya. Mari bersama-sama memperhatikan kesehatan diri sendiri. Ketika Anda memikirkan kesehatan diri sendiri, akan sekaligus juga akan menjaga kesehatan orang sekitar kita. (ar/jun/Perempuan.com)

0 komentar:

Posting Komentar