Rabu, 02 April 2014

Hentikan, Hobi Jajan Anak

Anak hobi jajan tentunya sangat membuat para orangtua kewalahan untuk mengendalikannya. Apalagi jika anak-anak sering jajan sembarangan. Anak yang hobi jajan ini akan mempengaruhi anak berprilaku konsumtif.

Jika anak yang sering sekali hobi jajan otomatis anak dengan sendirinya menjadi orang berprilaku konsumtif pada usia dewasa nanti. Sebagai orangtua tentunya harus menekan kebiasaan anak yang sering jajan di luar ketimbang makan-makanan sehat yang disajikan di rumah.

Salah satu hal yang menjadi penyebab anak sering jajan di luar, lantaran makanan yang disajikan di rumah tidak berselera atau merangsang anak untuk makan. Padahal makanan yang dibuat sendiri jauh lebih sehat ketimbang jajanan di luar. Atau penyebab lainnya adalah prilaku orangtua yang terlalu royal di depan anak, sehingga anak akan mudah terpengaruh dengan prilaku yang ditunjukan orangtuanya.

Jaminan kesehatan saat anak jajan di luar memang tidak bisa dipertimbangkan, pasalnya orangtua sering lepas kontrol dalam mengawasi anak jajan di luar, apalagi ketika mereka berada di sekolah.

Demi mengatasi hal ini, maka para orangtua khususnya para ibu lebih pandai dalam mengatur pola jajan anak di luar:

Membuat Makanan Kesukaan
Membuat makanan enak yang disukai anak merupakan hal utama yang bisa dilakukan orangtua, untuk mengehentikan kebiasaan anak jajan di luar. Sebagai ibu sudah sepatutnya untuk bisa menguasai urusan dapur, khususnya membuat makanan enak. Dengan begitu, ketika anak pergi untuk beraktivitas ada baiknya untuk membawakan bekal makanan anak yang sudah dibuat sendiri dari rumah.

Memberikan Pemahaman Efek Buruk Jajan di Luar
Memberikan beberapa contoh gejala penyakit yang disebabkan makanan jajanan, akan memberikan pemahaman anak tentang efek buruknya jika jajan sembarangan. Dengan begitu anak akan merasa takut, apabila dirinya jajan sembarangan.


Memberikan Uang Jajan Secukupnya
Memberikan uang jajan secukupnya mampu menekan prilaku anak yang hobi jajan. Dengan begitu anak tidak bisa royal dengan uang yang mereka miliki.

Justru orangtua bisa mengalihkan sisas uang jajan anak untuk menabung. Pemahaman ini penting karena, secara tidak langsung anak akan menjadi seorang yang hemat.

Batasi Keinginan Anak untuk Membeli Sesuatu
Banyak iklan yang mengiurkan anak untuk jajan, misalnya saja ketika anak melihat iklan permen atau es krim yang ada di telivisi dan dirinya meminta untuk dibelikan produk tersebut. Sebagai orangtua jangan langsung mengabulkan keinginan mereka, berikan anak suatu janji ketika ingin membeli produk tersebut.

Sebagai contoh "Adik boleh es krim itu asalkan makannya tidak boleh banyak dan sebelum makan itu adik makan sayur ini dulu". Dengan melakukan perjanjian itu maka anak akan menuruti kemauan orangtua agar keinginannya dikabulkan. (jun/Prempuan.com)

0 komentar:

Posting Komentar