Rabu, 23 April 2014

Studi: Junk Food Bikin Anda Jadi Malas, Hindari Mengonsumsinya Pagi Hari

Selain tidak bergizi dan bisa menimbulkan berbagai penyakit jika dikonsumsi setiap hari, junk food juga membuat orang menjadi malas. Menurut studi terbaru, makanan cepat saji seperti hamburger, sosis instan, nugget, ayam tepung, dapat membuat Anda tidak bersemangat dan hanya ingin bersantai.

Studi juga menunjukkan bahwa sekelompok orang yang makan junk food memiliki asupan gula yang tinggi serta rendah nutrisi daripada kelompok lain yang hanya diet sayuran serta ikan. Kelompok pemakan junk food juga sering merasa kelelahan, malas, dan kurang bersemangat.

Peneliti dari University of Los Angeles juga meneliti dengan seekor tikus betina yang diberikan asupan junk food selama enam bulan kemudian makanan bergizi sekitar sembilan hari tetap tidak mempengaruhi berat badan mereka. Pada manusia tidak hanya berat badan yang sulit berkurang tapi juga tingkat kemalasannya cukup tinggi.

Oleh karena itu, hindari mengonsumis junk food pagi hari sebelum beraktivitas karena bisa membuat hari Anda kurang bersemangat. Sebaiknya sarapan dengan asupan yang bergizi seperti buah, sayur, ikan, dan biji-bijian.

Menurut pakar diet Emilia E. Achmadi MS. RD., sarapan itu penting karena saat tidur metabolisme dalam tubuh menurun. Ketika bangun pagi harus diisi makanan agar tubuh kembali berenergi. Bila tidak ada asupan makanan yang masuk maka tubuh menjadi lemas dan orang cenderung malas beraktivitas. Namun tetap hindari junk food agar tetap semangat menjalani hari Anda. Ia juga menyarankan menu sarapan yang baik untuk membangkitkan energi di pagi hari.

"Harus ada karbohidrat bisa dalam bentuk buah, roti, even nasi pun. Tapi juga harus ada serat, kayak buah pisang, apel, atau tambah dengan jus apel hijau, dan bayam kalau buat saya tapi jangan disaring, kalau disaring seratnya nggak kita makan. Kompenen ketiga harus ada protein, seperti minum susu, makan telor, ikan, mau makan daging semalam juga nggak masalah," ujar Emilia kepada Wolipop.

(aln/aln-wolipop.detik.com)

0 komentar:

Posting Komentar